Kaba Terkini

Terapkan LP2B Distan Agam Gelar Konsultasi Publik

Lubukbasung, KABA12.com — Menyusul dihantarkannya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Dinas Pertanian menggelar sosialisasi dan konsultasi publik bersama masyarakat, serta pemangku kepentinga se-Kabupaten Agam, di Aula Utama Kantor Bupati Agam, Jum’at (28/12). Kegiata tersebut dibuka Bupai Agam, DR. Indra Catri.

Dalam konsultasi publik itu juga dihadirkan tim penyusun naskah akademis Ranperda LP2B dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNAND, DR. Erigas Eka Putra, yang telah melakukan kajian teknis untuk penyusunan Ranperda tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Agam, Isman Imran mengatakan, LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan wawasan kepada peserta terkait LP2B ini, sehingga kita betul-betul dapat menjalankanya sesuai dengan peraturan yang ada,”ujarnya.

Bupati Agam, DR. Indra Catri dalam arahannya, menyampaikan, perlu komitmen bersama dalam rangka mempertahankan lahan-lahan pertanian yang berpotensi untuk dialihfungsikan.

Tidak hanya itu, Bupati juga mengingatkan, agar seluruh pihak yang berhubungan dengan lahan ini, baik itu pemerintah daerah, niniak mamak, bundo kanduang dan seluruh pimpinan infromal lainnya bisa menyamakan persepsi bahwa Kabupaten Agam butuh perlindungan LP2B ini untuk mempertahankan produksi pangan.

“Butuh kerjasama dan komitmen kita untuk terus menjaga dan melestarikan lahan untuk pemenuhan kebutuhan,”kata Indra Catri.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top