Kaba Terkini

Pemprov. Sumbar Sosialisasikan Perda Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Nagari

Lubukbasung, kaba12.com — Implementasi Undang-undang nomor 6 tahun 2016 tentang desa beserta peraturan pelaksanaannya, secara langsung berdampak terhadap penyesuaian regulasi di daerah, baik dalam bentuk peraturan daerah maupun peraturan Bupati.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Agam yang diwakili Asisten I setda Agam, Rahman dalam pembukaan acara sosialisasi peraturan daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) nomor 7 tahun 2018 tentang nagari.

Ia mengatakan salah satu yang harus diharmonisasikan terkait peraturan daerah tentang nagari yakni peraturan daerah Kabupaten Agam no 12 tahun 2007 tentang pemerintah nagari. Hal ini dikarenakan peraturan tersebut sudah tidak sesuai lagi dengan ketentuan yang ada dalam UU nomor 6 tahun 2014 tentang desa beserta peraturan pelaksanaannya.

“Salah satu amanat UU nomor 6 tahun 2014 adalah tentang desa/nagari yang ditetapkan dengan peraturan daerah, maka Prov. Sumbar talah menindaklanjuti amanat UU nomor 6 tahun 2014 tersebut dengan lahirnya peraturan daerah Prov. Sumbar nomor 7 tahun 2018, tentang nagari di Prov. Sumbar,”ungkapnya.

Disisilain, sosialisasi yang dilakukan oleh Pemprov. Sumbar ini, merupakan salah satu cara untuk menyamakan persepsi tentang nagari adat.

“Perda ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai lebih, sehingga menjadi payung hukum dan pedoman bagi nagari dalam menata kesatuan masyarakat hukum adat dan nilai yang berkembang di nagari” tambahnya.

Acara sosialiasi yang berjalan lancar tersebut juga dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Agam, Camat, Walinagari, Bamus nagari, serta perangkat nagari se-Kabupaten Agam.
(Ardi/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top