Kaba Terkini

Forum Anak Sebagai Pelopor & Pelapor Agen Perubahan

Lubukbasung, KABA12.com — Dalam rangka meningkatkan pemenuhan hak partisipasi anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) telah membentuk wadah partisipasi anak di seluruh Indonesia yang di sebut Forum Anak, termasuk di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB P2PA) Kabupaten Agam, Hendri Rusdian mengatakan pelatihan Forum Anak yang diinisiasi pihaknya dimaksudkan sebagai Pelopor dan Pelapor dengan memperhatikan empat permasalahan yang menjadi prioritas dan sudah atau sedang dilakukan oleh Forum Anak.

“Sebagai agen perubahan Forum Anak diharapkan bisa menjalankan perannya sebagai 2P yaitu, Pelopor dan Pelapor,” ujarnya.

Dijelaskan, sebagai Pelopor yang berarti menjadi agen perubahan, terlibat aktif memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif, bermanfaat dan bisa menginsipirasi banyak orang sehingga banyak yang terlibat untuk melakukan perubahan yang lebih baik.

Sementara sebagi Pelapor berarti anak harus terlibat aktif menyampaikan pendapat/pandangan ketikan mengalami atau melihat atau merasakan tidak terpenuhinya hak perlinidungan anak di lingkungan masing-masing.

“Forum Anak dapat melaporkan ke Dinas Dalduk KB P2PA Agam melalui Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Perlingdunagn Anak (P2TP2A), Unit Pelayanan Perempuan dan Anak dan sebagainya,” jelas dr. Hendri.

Dengan konsep 2P ini lanjut Sekretaris Dalduk KB P2PA Agam diharapkan bisa menyelesaikan semua permasalahan anak terhadap isu pemasalahan anak seperti, jauhkan anak dari paparan dan iklan rokok (isu rokok), menjadikan internet sahabat anak (isu internet), stop pernikahan usia anak, dan menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri (perubahan iklim).

Sebelumnya, Kabid Perlindungan Anak Dinas Dalduk KB P2PA Kabupaten Agam, Asnidawati menyampaikan selain kepengurusan Forum Anak tingkat Kabupaten Agam, sampai dengan akhir tahun 2018 sudah terbentuk Forum Anak di dua nagari, Malalak dan Matua.

Pembukaan pelatihan Forum Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor se-Kabupaten Agam yang dilaksanakan Rabu (26/12) di aula utama kantor Bupati Agam ini diikuti sebanyak 60 peserta, terdiri dari pengurus Forum Anak Kabupaten, serta perwakilan anak dari SD, SMP dan SMA.

Dengan mendatangkan narasumber, Ketua Ruandu Foundation Muharman dan Fasilitator 2P, Rani Syafitri Rasyid

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top