Kaba Terkini

Forum Anak Agam Dilarang Melanggar Etika dan Kesusilaan

Lubukbasung, KABA12.com— Ketua Ruandu Foundation, Muharman mendorong pengurus dan anggota Forum Anak Daerah Kabupaten Agam menjadi Pelopor dan Pelapor Agen Perubahan Pembangunan.

Hal itu disampaikannya saat memberi materi tentang pelatihan Pelopor dan Pelapor (2P) bagi pengurus dan anggota Forum Anak Daerah Kabupaten Agam, di aula utama kantor Bupati Agam, Rabu (26/12).

“Menjadi Agen Perubahan bagaimana Forum Anak dapat mendorong anak-anak di daerah berubah dari yang kurang baik menjadi baik,” katanya.

Menurut Muharman, yang akrab disapa Kak Imung dikalangan anak-anak itu, Forum Anak sebagai Pelopor dalam hal pemenuhan hak anak, dilarang melanggar etika dan kesusilan.

Oleh sebab itu, Forum Anak harus berpartisipasi dengan sepenuh hati, menjadi agen perubahan.

“Pelopor tidak boleh kehilangan kreatifitas. Dia jadi inisiator bukan followers,” tegasnya.

Kemudian, Forum Anak juga didorong untuk menjadi Pelapor yang dapat terlibat aktif menyampaikan, menginformasikan dan melaporkan jika tidak terpenuhinya hak perlindungan anak kepada institusi yang berwenang.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB P2PA) Kabupaten Agam, Hendri Rusdian menambahkan, konsep Pelapor dan Pelopor ini diharapkan bisa menyelesaikan semua permasalahan anak terutama terkait empat isu dasar pemasalahan anak seperti, jauhkan anak dari paparan dan iklan rokok (isu rokok), menjadikan internet sahabat anak (isu internet), stop pernikahan usia anak, dan menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri (perubahan iklim).

“Namun 2P tidak hanya untuk empat isu itu saja, tetapi juga ada hal lain yang seperti, NAPZA, budayakan membaca, cinta tanah air dan sebagainya,” tambahnya.

Hendri Rusdian berharap, upaya 2P ini harus terus dilakukan oleh semua pihak untuk mengintegrasikan program kegiatan yang responsif anak baik dalan pemenuhan hak anak dan perlindungan.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top