Kaba Terkini

Laboratorium Lingkungan DLH Agam Kini Terakreditasi KAN

Lubukbasung, KABA12.com — Akreditasi adalah suatu bentuk pengakuan formal dari suatu badan akreditasi bahwa suatu lembaga atau institusi telah memiliki kompetensi untuk melaksanakan kegiatan tertentu sesuai dengan standar tertentu, hasil pengujian yang dikeluarkan oleh laboratorium penguji yang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dapat diakui oleh badan akreditasi anggota ILAC (International Laboratory Accreditation Cooperation) di seluruh dunia, termasuk hasil pengujian yang dikeluarkan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agama Hamdi mengatakan, Laboratorium lingkungan tersebut telah terakreditasi sebagai laboratorium penguji kualitas air unsur fisika dan kimia dari KAN dengan nomor LP-1247-IDN yang dikeluarkan pada 19 September 2018.

“Ini suatu penghargaan bagi Agam karena laboratorium daerah lain belum memiliki registrasi,” ujarnya.

Hamdi menyebutkan, pihaknya telah melaporkan sertifikat akreditasi itu ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk mendapatkan registrasi, dan hal itu telah diregistrasikan dengan No. SK S.1283/Setjen/SLK/STD tanggal 2 November 2018.

“Dalam waktu dekat SK tersebut kami jemput ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Setelah SK diperoleh, kita akan melakukan peresmian sehingga laboratorium itu beroperasi,” katanya.

Ia menambahkan, UPT Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Agama dibangun sejak 2007 dan telah beroperasi pada 2016 lalu dengan 14 orang petugas.

“UPT Laboratorium Lingkungan DLH Agam ini merupakan satu-satunya laboratorium di Sumbar yang telah diregistrasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ada laboratorium Lingkungan Kota Pariaman dan Padang saat ini sedang proses registrasi,” ulasnya.

Dengan telah diresmikan laboratorium ini nantinya, maka laboratorium itu bisa beroperasi untuk umum. Ke depan, Dinas Lingkungan Hidup Agam akan mengembangkan untuk pengujian kualitas udara.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top