Kaba Pemko Bukittinggi

Kemen PPPA Bantu Molin dan Torlin Untuk Kabupaten Kota se Indonesia

Bukittinggi, KABA12.com — Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, serahkan bantuan mobil perlindungan perempuan dan anak (molin) dan motor perlindungan perempuan dan anak (torlin) untuk kabupaten kota se Indonesia. Penyerahan secara simbolis diberikan langsung Menteri PPPA, Yohana Yembise kepada sejumlah kepala daerah di Indonesia, di Balai Sidang Hatta, Jumat (21/12).

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, terima kasih kepada Mentri yang telah menunjuk Bukittinggi sebagai tuan rumah peringatan hari ibu nasional. Bukittinggi kota wisata, tentu siap menerima seluruh kunjungan dari manapun, karena memang Bukittinggi disetting sebagai kota wisata di berbagai bidang, seperti wisata confenrence, sport tourism dan lainnya.

“Kami bangga dengan dipercayanya Bukittinggi sebagai lokasi peringatan hari ibu dan menjadi lokasi simbolis penyerahan molin dan torlin. Sarana ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Ramlan.

Terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Walikota menyampaikan, Orang Minang sudah lebih dahulu menerapkan sistem pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

Terbukti dengan sistem matrilineal yang sangat memperhatikan perempuan dan anak
Valentina Ginting, Asisten Deputi Perlindungan Anak dari kekerasan dan Eksploitasi, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan karena masih banyaknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Sehingga Kemetrian PPA, mengadakan mobil perlindungan perempuan dan anak (molin) dan motor perlindungan perempuan dan anak (torlin).

“Molin dan torlin ini, mempertimbangkan spesifikasi untuk memfasilitasi dan memfungsikan program perlindungan perempuan dan anak. Untuk saat ini dserahkan 70 unit molin untuk kabupaten kota se Indonesia dan 44 unit torlin, bagi daerah yang belum menerima sarana ini,” jelasnya.

Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher, menyampaikan, mencintai perempuan dan anak adalah peradaban. Dengan kehadiran program ini bagian dari peran serta pemerintah dalam rogram pemberdayaan perempuan dan anak.

“Kita sudah anggarkan Rp 277 milyar lebih untuk pengadaan molin dan torlin. Kita di DPR RI mendukung penuh program ini. Kita harapkan nantinya sarana prasarana molin dan torlin ini dapat disebarluaskan hingga tingkat kecamatan dan kelurahan se Indonesia,” ujar Ali Taher.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Susana Yembise, menyampaikan, molin dan torlin, berawal dari banyaknya keluhan dari setiap daerah yang tidak memiliki mobilisasi terkait penjangkauan dan pendampingan korban di lapangan. Untuk itu, dianggarkan dana dari APBN, untuk pengadaan molin dan torlin yang akan disebar di seluruh kabupaten kota se Indonesia. Hingga 2018 ini sudah 224 kabupaten kota seluruh Indonesia yang sudah menerima molin dan torlin ini.

“Pemberian bantuan MOLIN dan TORLIN ini bertujuan untuk memperluas jangkauan pelayanan korban kekerasan; memfasilitasi korban kekerasan, terutama dalam proses konseling, trauma healing, persidangan dan rehabilitasi serta reintegrasi sosial; sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak kepada masyarakat; dan meningkatkan koordinasi unit layanan korban kekerasan. Kita mentargerkan, seluruh kabupaten kota sudah punya molin dan torlin serta akan kita upayakan juga nantinya speedboot untuk menjangkau daerah yang dibutuhkan,” ungkap Yohana.

Lebih lanjut, Menteri PPPA juga menghimbau seluruh masyarakat, meningkatkan peran perempuan dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa.

“Kekerasan masih ada, belum ada daerah yang bebas dari kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tolong akhiri semua kekerasan terhadap perempuan dan anak. Akhiri perdagangan manusia dan akhiri diskriminasi terhadap perempuan,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top