Kaba Terkini

Malalak Intensifkan Penanaman Pohon Mahoni di Jalur SIMAKA

Malalak, kaba12.com — Pemerintah kecamatan Malalak intensifkan penanaman pohon mahoni di sepanjang ruas jalan Sicincin-Malalak-Balingka jalur jalan alternatif nasional yang semakin padat dilalui.

Penanaman pohon mahoni dan jenis pohon pelindung lain di sepanjang tepi jalan itu selain sebagai tindak lanjut program penghijauan agar para pengguna jalan nyaman saat melintasi ruas jalan tersebut, juga sebagai langkah antisipasi dini terhadap potensi longsor di kawasan yang dikenal rawan tersebut.

Baca Juga:  KSB Balingka Goro Bersihkan Material Longsor Pinggir Jalur SIMAKA

Camat Malalak Ricky Eka Putra, menyebutkan, program penghijauan dalam rangakaian Agam Menyemai itu, khusus di Malalak menjadi agenda khusus yang digencarkan di seluruh nagari, pasalnya mayoritas wilayah kecamatan Malalak merupakan kawasan yang rentan dan labil ancaman longsor.

Apalagi, pasca pembangunan ruas jalan Sincincin-Malalak-Balingka yang mayoritas merupakan kawasan pebukitan yang dipotong dijadikan jalur jalan, sehingga kondisi tanahnya masih labil.

Baca Juga:  Raih Prestasi Dari Kemenkeu RI. Agam Terbaik I Kinerja DAK di Sumbar

Ricky Eka Putra menambahkan, program penanaman pohon mahoni tersebut diproyeksikan merata di sepanjang jalur jalan nasional tersebut, khususnya yang berada dalam wilayah kecamatan Malalak ,” kita berharap, dengan penanaman pohon pelindung itu bisa mengantisipasi bahaya longsor dan penahan tekanan air, mudah-mudahan pohon mahoni dan jenis pohon pelindung lain yang ditanam, bisa cepat tumbuh dan berkembang,” sebut Camat Malalak itu.

Baca Juga:  BPBD Agam Himbau Warga Bersihkan Drainase

Program penanaman dan pemeliharaan pohon pelindung sepanjang ruas jalan nasional yang makin padat dilewati kendaraan pasca ambruknya jembatan di Kayu Tanam, Padang Pariaman pasca banjir besar yang menghantam wilayah tersebut pekan lalu itu, akan terus berlanjut mengingat pohon pelindung kini jadi tameng ancaman longsor di wilayah itu jika hujan lebat mengguyur.
ARDI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top