Bukittinggi

Pemda Harus Bentuk GNRM  Perkuat Karakter Bangsa

Bukittinggi, KABA12.com. — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Pembangunan Karakter Bangsa dalam Upaya Mendukung Revolusi Mental bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi,kabupaten/kota se-Sumbar. Kegiatan ini dilaksanakan di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Rabu (05/12).

Kabid Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Badan Kesbangpol Sumbar, Firdaus, SH, menjelaskan,  melalui kegiatan pembangunan karakter bangsa ini, para ASN diharapkan dapat menjadi contoh tauladan bagi dalam melayani masyarakat.

“Pembentukan karakter dilihat dari cara pelayanan ASN ke masyarakat. Pelayanan yang diberikan ASN diharapkan bisa tertib termasuk perilaku hidup ASN sehari-hari. Artinya, etos kerja dan cara kerja termasuk ke dalam revolusi mental. Para ASN diberikan pembekalan tentang pentingnya gerakan revolusi mental ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Kawanan Debt Collector Diamuk Massa, 1 Tewas

Firdaus menambahkan, revolusi mental ini memang ditujukan untuk seluruh rakyat Indonesia. Saat ini, terjadi degradasi moral dan karakter serta rasa kebangsaan. Sehingga rasa memiliki dan rasa cinta tanah air jauh merosot.

“Yang terjadi sekarang, rakyat kita hanya menonjolkan rasa individualisme dan egoisme. Karena itu, diperlukan pembinaan karakter. Kita harapkan revolusi mental rakyat Indonesia bisa lebih baik sekaligus menghindari perpecahan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Wacana Pemekaran Tarok Dipo Mengapung

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar, Nazwir, SH, M.Hum sekaligus mewakili Gubernur Sumbar menjelaskan, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) merubah cara fikir, cara kerja dan pola hidup. Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) ini dibawah leading sector Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

” Dari Pemerintah provinsi meminta kabupaten/kota segera bentuk gugus tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental. Badan Kesbangpol Sumbar mengajak kabupaten/kota membentuk gugus tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental,” ujar Nazwir.

Baca Juga:  Masjid Hidayah Gumala Santuni Warga Dhuafa Terdampak Covid-19

Selain itu, kontribusi OPD terkait diharapkan mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental ini. Pembentukan gugus tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di kabupaten/kota ini merupakan kerja koordinasi antara provinsi dan kabupaten/kota.

Gugus tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di daerah sebagai wujud instruksi Presiden RI yang mencakup sejumlah aksi.

“Saat ini,gugus tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di Sumbar belum maksimal.Jadi, provinsi, kabupaten/kota harus bentuk Gerakan Nasional Revolusi Mental ini,” tegas Nazwir.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top