Kaba Terkini

Harga Ikan Air Tawar di Agam Turun

Lubukbasung, kaba12.com— Harga ikan air tawar jenis nila di Kabupaten Agam turun dari Rp27 ribu per kilogram menjadi Rp17 ribu per kilogram sejak beberapa pekan lalu.

Hal tersebut diugkapkan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto, Kamis (6/12) di Lubukbasung.
Ia mengatakan harga ikan nila saat ini turun sebesar Rp10 ribu per kilogram.
“data tersebut didapat dari pedangang ikan di sejumlah pasar tradisional di kabupaten Agam,” ulasya.

Tak haya ikan nila, harga ikan lele pun juga turun dari Rp16 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram. Hal tersebut ditenggarai karena sejumlah kabupaten dan kota di Sumbar sedang melakukan panen raya ikan.

“Ini sesuai dengan hukum ekonomi, apabila persediaan banyak makan harga akan turun dan apabila persediaan sedikit, maka harga akan naik,” tegasnya.

Sementara itu, Ermanto juga mengatakan, untuk saat ini hanya harga beras yang naik akibat curah hujan cukup tinggi melanda kabupaten Agam beberpa waktu terakhir.

Kenaikan tersebut terdapat pada sejumlah jenis beras seperti beras kurik kusuik dari RpRp14 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram, dan Ir 42 dari harga Rp12 ribu menjadi Rp13, 5 ribu per kilogram.

Sedangkan, untuk harga kebutuhan lainnya tergolong normal seperti, cabai merah Rp32 ribu per kilogram, tomat Rp8 ribu per kilogram, bawang merah Rp24 ribu per kilogram, bawang putih Rp21 per kilogram.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top