Kaba Terkini

Pemnag Garagahan Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Lubukbasung, kaba12.com— Guna menguragi peggunaan pupuk kimia pada lahan pertaian, pemerintah nagari garagahan menggelar pelatihan pembuatan pupuk kompos bagi 100 orag anggota kelompok tani di daerah tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Pejabat Wali Nagari Garagahan Marlius,kepada kaba12.com, Senin (3/12) di Lubukbasung.

Dikatakan, pelatihan tersebut merupakan salah satu program pemerintah nagari di bidang pengembangan pertanian dengan menggunakan dana desa.

“Pelatihan ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia disetiap lahan pertania. Hal tersebut dikarenakan harga pupuk non organik cukup tinggi sekitar Rp300 ribu per goni dengan berat 50 kilogram,”ugkapnya.

Ditambahkan, dari segi kesehatan pun, tanaman juga dapat terhindar dari zat kimia yang menjadi bahan baku dari pupuk non organik.
Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Agam Agam Yefnidawati juga megatakan pembuatan pupuk organik ini tergolong sangatlah mudah. Hal tersebut dikarenakan bahan pembuatannya sagat mudah dicari seperti daun-daunan kering, sampah sayur-sayuran dan sebagainya.

“Selain menjadi manfaat bagi kelangsungan tanaman, bahan baku pupuk organik tersebut juga dapat mengurangi beban sampah organik yang ada di ligkungan masyarakat ,” ulasya.
(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top