News Nasional

KOPEK Dorong Industrialisasi Kepala di Indonesia

Kepri, KABA12.com. — Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) mendorong industrialisasi komoditas kelapa di Indonesia sehingga dapat mendukung diversifikasi produk olahan kelapa dan meningkatkan nilai tambah.

Isu industrialisasi menjadi salah satu bahan diskusi pokok yang akan dikemukakan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kopek yang diadakan di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, pada 21-22 November 2018.

Pemerintah Kabupaten Agam ikut andil dalam Rakernas tersebut, bersama 15 badan kepengurusan koalisi pemerintah kabupaten penghasil kelapa dihadiri Bupati Agam Indra Catri, didampingi Kepala Dinas Pertanian Isman Imran dan Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Ermanto.

Baca Juga:  Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Bupati Agam melalui Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Ermanto, Rabu (21/11), mengatakan, melalui Rakernas, segala hambatan dalam meningkatkan produktivitas kelapa bisa disuarakan ke tingkat pusat.

Mulai dari keterbatasan teknologi, rendahnya kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sulitnya mengakses pembiayaan.

Baca Juga:  Stasiun Klender Terbakar, Transportasi Terganggu

“Selama ini, pengelolaan kelapa dilakukan masyarakat lokal dengan cara tradisional. Melalui Rakernas Kopek ini kita ingin adanya sentuhan teknologi dalam proses pengelolaan kelapa. Sehingga bisa meningkatkan kualitas produksi dalam negeri,” ujarnya.

Ermanto menjelaskan, kelapa secara sosial budaya telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari serta mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga:  Dipermalukan Tottenham, Chelsea Tak Merasa Main Jelek

Namun, ada tiga tantangan utama yang dihadapi, pertama, revitalisasi karena cukup banyak kelapa yang sudah sangat tua.

Kedua, produktivitas yang rendah. Ketiga, industri dan pasar karena industri sedang berkembang pesat tapi pasar justru mengalami kelesuan.

“Untuk meminimalisir permasalahan itu, secara bertahap kita sudah melakukan peremajaan kelapa bagi usia kelapa yang sudah melebihi usia produktif,” ujarnya.

(Virgo/*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top