Kaba Terkini

Sejak 1990 Api Obor Porprov Sumbar Diambil dari Nagari Tuo Pariangan Tanahdatar

Tanahdatar, KABA12.com — Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi dijadualkan akan membuka even Porprov 2018, pada Senin (19/11).

Namun sebelum itu, sudah jadi tradisi dalam event olahraga tersebut dilakukan prosesi adat pengambilan api obor Porprov di Nagari Tuo Pariangan Kabupaten Tanahdatar, Sabtu (17/11).

Prosesi adat itu dimulai dari pengambilan api oleh Walinagari Pariangan didampingi BPRN dan salah seorang niniak mamak nagari itu di monumen yang terletak tepat didekat pintu masuk lapangan Sutan Suri Maharajo Dirajo.

Baca Juga:  KPU: Caleg Mantan Napi Wajib Umumkan Diri Dimedia Cetak

Usai disulut api diletakkan ditengah lapangan dan kemudian secara resmi Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi disaksikan ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Gubernur Sumbar diwakili Kadis Parpora menyerahkan Api Porprov XV tersebut kepada Bupati Padangpariaman Ali Mukni.

Namun jelang dibawa ke Kabupaten Padangpariaman, api ini diinapkan di kota Padangpanjang, dan Minggu (18/11), baru akan dilanjutkan menuju Kabupaten Padangpariaman, yang penyerahan dilakukan di batas Kabupaten Padangpariaman dan Tanahdatar.

Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi menyebutkan prosesi ini susuai SK Gubernur tahun 1990, Nagari Pariangan telah ditetapkan sebagai lokasi pengambilan Api Porprov, untuk itu, atas nama pemerintah daera, Irdinansyah mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan itu.

Baca Juga:  Transaksi Narkoba di Diskotek MG Harus Miliki Kartu Anggota

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan dalam pengambilan Api Porprov yang Ke XV ini di Nagari Pariangan sebagai nagari tuo yang kita percayai dari tambo sebagai asal usul nenek moyang kita,” ucapnya.

Sementara Bupati Padangpariaman, Ali Mukni mengatakan akan terus mengobarkan Api Porprov ini selama kegiatan tersebut berlansung.

Baca Juga:  SMPN 1 Unggul Bukittinggi Jadi Primadona Lulusan SD

“Kami ucapkan terima kasih atas kelancaran prosesi pengambilan Api Porprov ini. Insyaallah kami akan mengobarkan api ini selama Porprov berlangsung,” sebut Ali Mukni.

Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Kadispora Sumbar, Adib Fikri mengatakan dengan bergeloranya api, telah semestinya semangat terus dibangun dalam meraih prestasi yang membanggakan.

“Melalui Porprov, Sumatera Barat telah melahirkan atlet berprestasi, baik ditingkat provinsi maupun nasional. Semoga event Porprov ke XV ini menjadi bukti prestasi itu,” ujarnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top