Kaba Terkini

Dampak Banjir di Tiku V Jorong Puluhan Rumah Terendam Sekolah Diliburkan

Tiku, KABA12.com — Dampak hujan lebat disertai banjir kiriman dari wilayah Lubukbasung dan Ampek Nagari, memicu beragam musibah di nagari Tiku V Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara.

Banjir yang merendam kawasan itu sejak Kamis lalu hingga Minggu, (4/11) masih belum sepenuhnya surut karena curah hujan tinggi.

Seperti dijelaskan Weri Ikhwan, dan Kasi. PNM Tanjung Mutiara, pasca hujan lebat yang melanda kecamatan Tanjung Mutiara, sejak Jumat, (2/11) yang mengakibatkan luapan Sungai Batang Antokan menyebabkan banjir di perumahan Antokan jorong Muaro Putuih Nagari Tiku V Jorong dan mengenangi jalan penghubung dari jorong Muaro Putuih ke jorong Gadih Angik nagari Tiku V Jorong.

Luapan banjir mulai terjadi Sabtu, (3/11) pagi, bahkan hingga Minggu banjir menggenangi wilayah tersebut.

Dijelaskan Weri Ikhwan, dampak banjir saat ini di perumahan Antokan jorong Muaro Putuih Nagari Tiku V Jorong yang dihuni 48 KK dan 7 di antaranya mengunggsi ke tempat saudara terdekat, karena air di dalam rumahnya setinggi pinggang orang dewasa.

Sebanyak 41 KK lainnya di perumahan Antokan kondisi disekitar rumah masih dinyatakan aman warga masih menetap di rumah masing-masing, ” diperkirakan kalau hujan masih turun ketinggian air akan semakin bertambah,” jelasnya.

Ditambahkan, ruas jalan penghubung dari jorong Muaro Putuih ke Gadih Angik tidak bisa dilalui karena jalan tergenang air.

Sementara sekolah diliburkan sampai air benar-benar surut di kawasan tersebut.

Disebutkan, langkah yang sudah diambil,
Satgas BPBD Agam sudah mengevakuasi masyarakat yang terkena banjir ketempat aman menggunakan perahu karet dan dibantu TNI, polisi, pihak kecamatan, nagari,” sampai saat ini kondisi air masih belum surut, ” sebutnya.

Informasi yang diperoleh kaba12.com dalam dua pekan ini, sudah dua kali wilayah Tiku V Jorong direndam banjir yang cukup parah.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top