Kaba Terkini

KSB Nagari Dituntut Lakukan Pendataan Potensi Bencana

Kamangmudiak, KABA12.com — Menyikapi cuaca yang kurang bersahabat dengan potensi curah hujan yang cukup tinggi sepekan terakhir, hingga menyebabkan beberapa bencana alam yang melanda disebagian wilayah Kabupaten Agam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat intensifkan pembekalan penanggulangan bencana kepada masyarakat. Salah satunya pada Kelompok Siaga Bencana (KSB) Nagari Kamangmudiak, Kecamatan Kamangmagek, dimana pembekalan materi dilakukan di kantor walinagari setempat, Rabu (16/10).

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Agam Yunaidi mengatakan, selain kesiapsiagaan diri sendiri, anggota KSB perlu diberi pengetahuan dan keterampilan di lapangan untuk melakukan tindakan terhadap objek yang terkena bencana. Tidak hanya itu, KSB juga dituntut harus melakukan pendataan potensi bencana di nagari tersebut, membuat peta potensi bencana dan menginformasikan ke pihak pemerintah nagari.

Baca Juga:  Pagi Ini Agam Gelar VCON Musrenbang RKPD 2021, Pertama di Sumbar Antisipasi Penyebaran Covid19

“Jadi KSB bersama pemerintah nagari, bekerjasama untuk memberikan informasi dan himbauan kepada masyarakat yang berada di kawasan yang berpotensi bencana. Apalagi dengan cuaca seperti saat ini, curah hujan masih tinggi, masyarakat harus tetap siaga akan bencana,” sampainya pada KABA12.com via telpon, Kamis (18/10).

Baca Juga:  Kemen PPPA Bantu Molin dan Torlin Untuk Kabupaten Kota se Indonesia

Lebih lanjut Yunaidi menyebutkan, untuk penanggulangan bencana di lapangan KSB dapat juga bekerjasama dengan Kelompok Pramuka Peduli Bencana SMA Negeri 1 Kamangmagek.

“Salah satu potensi bencana di Kamangmudiak seperti dikawasan bukit kapur, banyak pekerja yang sudah mengalami kecelakaan saat bekerja. Serta pada masyarakat yang bermukim dikawasan tebing, KSB harus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang potensi-potensi bencana yang kemungkian akan terjadi yang akan membahayakan diri mereka, jangan sampai saat bencana terjadi menimpa masyarakat yang disalahkan pemerintah,” sebutnya.

Baca Juga:  Bupati Agam Tinjau Jalan Terban di Kecamatan Palembayan

Kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan yang dilakukan tim BPBD Agam kepada relawan penanggulangan bencana atau KSB tersebut mendapat tanggapan positif dari pihak pemerintah nagari setempat. Walinagari Kamangmudiak, Ahmad Latif menyebutkan, pembekalan penanggulangan bencana sangat diperlukan, apalagi pada saat musim hujan seperti saat ini.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top