Kaba Terkini

Malalak Kembali Longsor Ruas Malalak-Hulu Banda Putus Total

Malalak, kaba12.com — Dampak hujan lebat sejak Minggu hingga Senin,(23-24/9) siang, kembali memicu musibah di kecamatan Malalak.

Ruas jalan di Malalak Barat, khususnya jalur Malalak- Hulu Banda putus total, dan sama sekali tidak bisa dilewati, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Akses jalan masyarakat sendiri terputus, akibat longsor di beberapa titik.

Informasi yang dihimpun kaba12.com, baik dari tim BPBD Agam maupun dari pihak kecamatan Malalak menyebutkan, Senin,(24/9) sekitar pukul 15.00 WIB, terjadi longsor di dua titik, masing-masing di Birah Tinggi, jorong Jalan Bantiang Selatan, Cimpago Hulu Banda, nagari Malalak Barat.

Menurut kepala BPBD Agam M.Lutfie, AR didampingi Kabid.KL Wahyu Bestari dan staf Pusdal Ops.BPBD Agam Lukman Syahputra menjelaskan, longsor terjadi di beberapa titik, terutama di
titik 1 material longsor menutupi ruas jalan sepanjang 7 meter dengan ketinggian sekitar 10 meter, titik kedua meterial longsor menutupi ruas jalan sepanjang lebih kurang 9 meter dengan ketinggian sekitar 12 meter. Material longsor membawa tanah dan kayu menutupi badan jalan kabupaten penghubung Nagari Malalak Barat dengan Malalak Utara yang sama sekali tidak bisa dilewati kendaraan

Upaya yang dilakukan Satgas BPBD Agam dipimpin angsung Oleh Kabid KL (Wahyu Bestari, SH) bersama camat Malalak Ricky Eka Putra dan aparat kecamatan, nagari serta masyarakat setempat, untuk tahap awal melakukan pembersihan secara manual.

Langkah penanganan diupayakan segera menggunakan alat berat, yang untuk tahap awal akan dilakukan secara manual sampai alat berat sampai ke lokasi longsor, “ kita akan tangani segera, “ sebut Wahyu Bestari.

Terkait musibah longsor yang dikenal rawan di Malalak, Wahyu Bestari menghimbau masyarakat untuk tetap waspada, mengingat cukup banyak kawasan pebukitan di Malalak yang labil dan rentan terpicu longsor apalagi saat musim penghujan saat ini.

Sementara camat Malalak Ricky Eka Putra menyebutkan, pihaknya akan mengambil langkah-langkah pengananan bersama unsur terkait, agar ruas jalan yang terputus tersebut bisa diakses kembali oleh masyarakat, “ untuk sementara , masyarakat terpaksa mengambil jalan memutar, kita upayakan penanganan segera, “ sebutnya.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, perkiraan curah hujan dengan itensitas tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah tersebut. Namun sejauh ini, ruas jalan utama jalur Sicincin – Malalak-Balingka relative aman.-HARMEN .-

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top