Kaba Terkini

Apresiasi Komitmen Pemkab Tanahdatar, Menkeu Sri Mulyani Beri Penghargaan WTP Murni

Jakarta, KABA12.com — Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Tanahdatar atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan (LK) dengan capaian standar tertinggi akuntansi dalam pelaporan keuangan pemerintah selama lima tahun berturut-turut mulai 2013 hingga 2017. Apresiasi itu diberikan dalam bentuk penghargaan opini WTP Murni yang diserahkan langsung Sri Mulyani kepada Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi, di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta, Kamis (20/09).

Bupati Tanahdatar usai menerima penghargaan itu mengatakan, apresiasi opini WTP Murni atas laporan keuangan lima tahun berturut-turut itu merupakan buah dari komitmen yang diterapkan seluruh organisasi perangkat daerah.

Baca Juga:  Alokasikan Anggaran Terbanyak Untuk PKK, Nagari Tanjung Sani Masuk Nominasi Nasional

“Ini tidak lepas dari usaha dan komitmen kita bersama bagaimana APBD Kabupaten Tanahdatar dikelola dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan melalui sebuah laporan keuangan pemerintah daerah dengan memakai prinsip transparansi, efisiensi, efektifitas, akuntabilitas dan partisipatif mengacu pada Standar Akuntansi Pemerintah,” ucapnya.

Irdinansyah menyebutkan Tanahdatar merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Sumbar yang menerima pengargaan opini WTP Murni dari Kemenkeu RI ini.

“Meraih WTP dapat dijadikan motivasi tetapi juga dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam menyusun perencanaan ke depannya, mana yang baik dilanjutkan dan mana yang tidak baik kita evaluasi kembali,” sebut orang No.1 di Tanahdatar itu.

Baca Juga:  Ops.Anti Narkoba Polres Agam, 2 Pelaku Diamankan di Depan Mapolsek Lubukbasung

Lebih lanjut Ia menyebutkan, untuk mencapai hasil yang lebih baik dirinya selalu mendorong aparatur sipil di lingkungan pemerintahannya agar senatiasa berusaha tercepat dalam menyampaikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah setiap tahunnya kepada BPK RI Perwakilan Sumatera Barat. Sehingga sejak tahun 2009 lalu, Tanahdatar telah meraih opini WTP tujuh kali hingga sekarang.

“2009, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016 dan 2017. Opini yang lima tahun terakhir berturut-turut itulah yang saat ini kita terima dari Kementerian Keuangan dengan penghargaan opini WTP Murni. Oleh karena itu saya sangat bersyukur kepada Allah atas rahmat yang luar biasa ini, terima kasih yang tulus saya ucapkan kepada segenap pengelola keuangan dan aset daerah di lingkup Pemkab Tanahdatar,” ungkapnya bangga.

Baca Juga:  Warga Lubukbasung Gelar Shalat Istisqa, Doakan Riau-Jambi Turun Hujan

Selain Kabupaten Tanahdatar, penghargaa yang serupa juga diterima 37 kabupaten dan 14 kota lainnya se-Indonesia. Serta 8 provinsi, termasuk provinsi Sumatera Barat dan 32 Lembaga dan kementerian.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top