Kaba Terkini

104 Sekolah Di Tanahdatar, Menuju Sekolah Ramah Anak

Tanahdatar, KABA12.com — Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas Sosial PPPA) Tanah Datar gelar Konvensi Hak Anak (KHA) untuk menuju sekolah ramah anak diikuti 104 Kepala Sekolah, 14 Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) serta 4 Pekerja Sosial yang dilaksanakan di Gedung PKK Indo Jalito, Batusangkar, Kamis (30/08).

Kepala Dinas Sosial PPPA, Yuhardi dalam sambutan mengatakan kesejahteraan anak merupakan terpenuhinya kebutuhan anak untuk tumbuh optimal, baik kebutuhan fisik berupa sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, kualitas lingkungan hidup maupun kebutuhan kejiwaan seperti kebahagiaan, rasa aman dan pengakuan sesuai Undang-undang nomor 4 tahun 1979.

Baca Juga:  Sago Raih Juara Umum di MTQN Manggopoh ke-VI

Dalam rangka menindaklanjuti amanat KHA sebut Yuhardi, sebagaimana telah dijamin dalam UUD 1945 maka pemerintah wajib memberikan perlindungan hak kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sosial budaya untuk mencapai kesejahteraan, dengan pengesahan KHA serta membuat peraturan tentang pemenuhan hak anak.

Baca Juga:  Libur Selesai, Bandara Padat

“Untuk mewujudkan kesejahteraan dan perlindungan anak, perlu adanya perkuatan di kelembagaan PPPA, LSM dan Dunia Usaha agar proaktif dalam memberikan yang terbaik bagi kepentingan anak,” kata Kadinsos PPPA Tanahdatar.

Nantinya ia akan merekomendasikan minimal terdapat 3 petugas yang berfungsi sebagai konsultan di wilayah masing-masing dalam menanggapi berbagai isu permasalahan anak yang juga berfungsi sebagai pendorong lahirnya jejaring kelembagaan untuk kesejahteraan dan perlindungan anak di daerah.

Baca Juga:  Ny. Candra Trinda Farhan : Ibu Adalah Madrasah Pertama Bagi Anak

Turut hadir sebagai narasumber pada saat itu Zaharaine Kepala Sekolah Sungayang dan Muharman dari Ruandu Foundation Sumatera Barat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top