Kaba Pemko Bukittinggi

Marchingband Gita Jam Gadang Siap Berlaga di IDDC Riau

Bukittinggi, KABA12.com — Marchingband Gita Jam Gadang (MBGJG) Bukittinggi akan tampil dalam kompetisi tingkat nasional.

Kali ini mereka akan bertanding di kejuaraan Indonesia Drum Corp Championship (IDCC) Riau 2018 di Sport Center Rumbai Pekanbaru, tanggal 30 Agustus -2 September 2018.

Kejuaraan ini merupakan kejuaraan yang diadakan oleh Indonesia Drum Corps Championship Riau (IDCC-Riau) afialiasi dari Indonesia Corp Association (IDCA) yang akan diikuti oleh marchingband dari Indonesia dan beberapa negara lain, dengan standar dan sistem juri Drum Corp Internasional (DCI).

Ketua pembina Machingband Gita Jam Gadang (MBGJG), M. Nur Idris mengatakan, kompetisi ini baru pertama kali diadakan di Riau kerjasama antara IDCC Riau dengan IDCA yang mengambil tema khusus melestarikan seni budaya lokal dengan musik marchingaband.

Baca Juga:  Ilmuwan AS Ungkap Air memiliki Rasa

MBGJG Bukittinggi merupakan salah satu marchingband yang ikut selain Marchingband Semen Padang dan marchingband MAN Padusunan Pariaman dari Sumatera Barat.

Dalam kompetisi bergengsi ini, MB Gita Jam Gadang akan mengirimkan 85 orang pemain yang terdiri dari 35 pemain brass, 15 orang pemain percussie, 20 orang pemain colour guade, 13 pemain Fiet Instrument, 2 orang Fiel Commender dengan target MG Gita Jam Gadang adalah masuk dalam tiga besar nasional.

“Kita mengirimkan 85 pemain yang terdiri dari pelajar berbagai sekolah SMP, MTsN, SMA, SMK dan MAN Kota Bukittinggi dengan target masuk dalam tiga besar dalam dua cabang yang akan diikuti nantinya,” ujar M. Nur Idris saat ditemui di kantor DPRD Bukittinggi, Senin (27/08).

Baca Juga:  Launching KIA, Anak Usia 0-17 di Tanah Datar Miliki Kartu Identitas

Lebih lanjut M. Nur Idris mengatakan, dalam kejuaraan ini MB Gita Jam Gadang akan mengikuti dua bidang lomba yakni Sound Sport dan Street Parade yang akan menampilkan nuansa minang sesuai dengan kedaerahan kota Bukittinggi sebagai daerah kunjungan wisata budaya Minangkabau.

“MG Gita Jam Gadang nanti akan membawakan lagu Lah Laruik Sanjo, Tak Tontong, Malam-Malam Bainai dan Kampuang Nan Jauh Dimato yang diarasmen oleh Angelo Virgen Musisi dari Manado,” ujar M. Nur Idris yang juga Ketua Persatuan Drumband Indonesia (PDBI) Cabang Bukittinggi ini.

Untuk persiapan lomba ini, tim MB GJG sudah berlatih sejak bulan Juli secara reguler latihan siang dan malam dengan pelatih yang didatangkan dari Medan yakni Dino Sutrisno, M. Rivai Siregar, Harry Baswara dan Eriansyah serta satu orang konsultan M. Ridwan.

Baca Juga:  USAI PAWAI JALANPUN DIPENUHI SAMPAH

Ketua Komisi I DPRD Kota Bukittinggi itu, menerangkan keikutsertaan MB Gita Jam Gadang untuk memperkenalkan Kota Bukittinggi di kancah nasional.

Kegiatan ini didukung penuh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias yang juga ketua pembina MB Gita Jam Gadang dibantu Kadis Pariwisata Pemuda Olahraga Erwin Umar dan Kabid Pemuda Olahraga Ahmad Saimi.

Tahun lalu MB Gita Jam Gadang meraih prestasi pada kejuaraan Marchingband Minang Competition (MMC) di Padang tahun 2017.

Saat ini, disamping mengikuti kejuaraan IDCC Riau ini, MB Gita Jam Gadang juga sedang dipersiapkan untuk mengikuti Kejurda Marchingband Sumbar bulan Oktober dan lomba MMC 2018 di Padang bulan Desember.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top