Kaba Terkini

Kolam Limbah Bobol, Berdampak ke Tanjung Mutiara

Manggopoh, kaba12,com — Bobolnya kolam instalasi pengolahan air limbah (IPAL) PT.Bukit Sawit Semesta (BSS) di Pasar Durian, Manggopoh, kecamatan Lubukbasung, Senin sore kemarin dikuatirkan tidak hanya berdampak pada lingkungan di sekitar aliran limbah yang bocor.

Dikuatirkan, tumpahan limbah akibat jebolnya tanggul penahan di kolam IPAL PT.BSS tersebut meluas ke wilayah lain, terutama ke kecamatan Tanjung Mutiara, karena berada di muara sungai yang kini dipenuhi tumpahan limbah.

Kekuatiran itu disebutkan Ir.Suardi,M, ketua LSM LKPM Agam kepada kaba12.com, Selasa,(7/8)  terkait dengan kasus bobolnya kolam IPAL PT.BSS Senin malam.

Baca Juga:  Voli Ball Nagari Cup Zona II Resmi Dimulai

Disebutkan Suardi M, tumpahan limbah dari kolam IPAL tersebut memenuhi aliran sungai dan irigasi di sekitar Pasar Durian yang justru bermuara ke wilayah Tanjung Mutiara. Kondisi ini  bisa dibuktikan dengan dampak yang terjadi sepanjang Senin sore, banyak ikan yang mati.

Kondisi itu, diyakinkan bisa saja terjadi, karena aliran sungai\ dipenuhi air limbah yang bocor tersebut justru mengarah ke wilayah Tanjung Mutiara, “ hal itu mesti jadi perhitungan serius pemerintah dan pihak perusahaan, dan hal ini harus diatasi segera, “ tegasnya.

Terkait dengan solusi kasus tersebut, sesuai dengan kesepakatan awal yang dibuat Senin malam, dijadualkan Selasa siang ini akan digelar pertemuan bersama unsur terkait di kantor wali nagari Manggopoh.¬

Baca Juga:  BMW Resmi Luncurkan Seri 5

Sementara Kadinas Lingkungan Hidup ( DLH ) Agam Hamdi, ST,M,Eng,waktu dikonfirmasi kaba12.com membenarkan kasus bobol kolam IPAL PT.BSS tersebut dan pihaknya sudah menindaklanjuti dengan menurunkan tim ke lapangan.

Terkait dengan langkah penanganan lebih lanjut, pihaknya akan merumuskan dalam pertemuan dengan seluruh unsur terkait di kantor wali nagari Manggopoh, Selasa siang ini.

Disebutkan Hamdi,pihaknya bersama OPD terkait,melibatkan DPUTR Agam untuk menganalisa konstruksi kolam IPAL, dengan Distan Agam untuk mengkaji dampak terhadap areal pertanian, dan perikanan warga, serta dampak lain, “ kita mengkaji dampak bersama OPD terkait dulu, “ sebutnya.

Baca Juga:  Bupati Agam Apresiasi Kekompakan Alumni SMA Swasta Banuhampu

Termasuk imbas ke wilayah Tanjung Mutiara, hal itu membutuhkan analisa dan survey  lapangan oleh unsur terkait, “ kita akan bahas hal itu, termasuk persoalan tekhnis lain, kita tuntaskan hal itu, “ tegasnya.

Kasus bobolnya kolam IPAL PT.BSS di Pasar Durian, Manggopoh tersebut menyedot perhatian banyak pihak, karena kasus bobolnya kolam IPAL tersebut sudah dua kali terjadi.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top