Kaba Terkini

“Maarak Jamba” Meriahkan HUT ke-25 Ibukota Kabupaten Agam

Lubukbasung, KABA12.com — Ratusan perempuan membawa jamba beraneka ragam usai upacara peringatan hari perpindahan ibukota Kabupaten Agam ke 25 tahun dan peringatan Perang Manggopoh ke 110 tahun di halaman kantor bupati di Lubukbasung, Kamis (19/07) pagi.

Beragam jamba tersebut diarak mulai dari jalan utama kantor Bupati Agam, lanjut ke depan podium yang diduduki Forkopimda Plus Agam beserta Kepala OPD dan tamu undangan.

Setelah itu jamba diarak menuju rumah dinas Bupati yang kemudian diakhiri dengan makan bajamba.

“Maarak Jamba” yang kemudian diikuti dengan “Makan Bajamba” merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Pemkab Agam setiap peringatan hari perpindahan ibukota Kabupaten Agam dari Kota Bukittinggi ke Lubukbasung pada 19 Juli 1993 lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Agam Martias Wanto mengatakan, prosesi maarak jamba tersebut dilakukan oleh kaum perempuan dari masing-masing OPD, Kecamatan, Nagari, dan Majelis Taklim se- Lubukbasung.

“Diperkirakan jumlah jamba yang diarak itu sebanyak 260 jamba,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Agam Indra Catri mengatakan, dimomentum yang bersejarah ini ia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Agam dan Lubukbasung khususnya untuk bersinergi mewujdukan upaya pembangunan yang telah dilakukan Pemda 25 tahun terakhir dan yang akan dilakukan dimasa datang.

“Masih banyak bentuk pembangunan yang sudah dan akan dilakukan Pemkab Agam di daerah ini. Untuk itu jadikan momen ini sebagai motivasi bagi masyarakat dalam melaksanakan dan mendukung pembangunan tersebut demi meningkatkan marwah Lubukbasung sebagai Ibukota kabupaten Agam,” harap Bupati.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top