Kaba Terkini

Wabup: Assesor Tidak Hanya Lakukan Assesment Tapi Juga Kader Penggerak Nagari Madani

Lubukbasung, KABA12.com — Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria berikan pelatihan kepada 82 orang assesor pelaksana assesment gerakan nagari madani di balroom hotel Sakura Syariah, Rabu (11/07).

82 orang peserta pelatihan tersebut terpilih pasca seleksi yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Agam terhadap 118 orang recruitment tenaga assesment gerakan nagari madani beberapa waktu lalu.

“Pada assesment kedua yang akan dilakukan tahun ini kami sengaja mengambil satu orang dari masing-masing nagari. Agar nantinya para assesor ini dapat menjadi kader penggerak nagari madani di nagarinya sendiri,” ujar Wabup mengawali penyampaian materinya.

Dalam pemaparan materinya tentang “Gerakan Nagari Madani Implementasi Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah” Wakil Bupati Agam itu menyebutkan, seorang assesor pelaksana assesment gerakan nagari madani harus memiliki jiwa kepemimpinan.

“Pemkab Agam telah berkomitmen untuk menjadikan Agam Madani dengan melaksanakan gerakan nagari madani. Kita ingin membangun peradaban yang lebih maju dengan pondasinya Adat Basandi Syarak Syarak basandi Kitabullah, syarak mangato adat mamakai. Untuk itu seorang assesor dibutuhkan orang yang gesit, memiliki jiwa kepemimpinan, kepeloporan,” sampainya.

Lebih lanjut Trianda juga mengatakan disamping melakukan kegiatan teknis assesment seorang assesor juga harus memiliki visi/tujuan yang jelas, yakin visinya dapat diwujudkan, mampu meyakinkan orang lain, dapat menggerakkan pengikut menuju visinya, sebagai garda terdepan menjadi teladan, leader berkorban ikhlas.

“Jadi assesor itu harus punya empat kekuatan didalam dirinya, kecerdasan spiritual, emotional, intektual dan kecerdasan sosial,” tegasnya.

Gerakan nagari madani, sebuah komitmen bersama untuk mewujudkan nagari yang religious/Islami yang berperadaban tinggi dan maju yang berbasiskan pada nilai-nilai, norma-norma, hukum dan moral Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, syarak mangato adat mamakai.
Serta masyarakat yang berlandaskan ukhuwwah Islamiyyah, menghormati perbedaan, bersikap demokratis dan terbuka (inklusif), gotongroyong dan kekeluargaan.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top