Kaba Terkini

Tim Damkar Agam Intensifkan Sosialisasi

Lubuk Basung, KABA12.com — Tim Satgas Pemadam Kebakaran Agam memberikan latihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Alat Pemadam Api Tradisional (APAT) kepada puluhan Karyawan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Rizki Bunda Kecamatan Lubukbasung, Rabu (11/07).

Instruktur Pelatih tim Satgas Damkar Agam, Samsuar mengatakan, untuk melakukan pemadaman api, hendaknya para karyawan RSIA Rizki Bunda terlebih dahulu harus memahami praktek maupun teori dari kebakaran itu sendiri, seperti sifat- sifat api, bagaimananya api dan dari mana sumbernya.

“Dalam pelatihan, kita mengajarkan bagaimana cara memadamkan api menggunakan alat pemadam api tradisional dan alat pemadam api ringan,”kata Samsuar kepada Kaba12.com.

Ia juga mengusulkan kepada pihak RSIA Rizki Bunda untuk dapat menambah alat- alat pemadam api, seperti APAR, hal ini mengingat APAR yang dimiliki RSIA Rizki Bunda hanya delapan unit.

“Selain itu kita juga mengusulkan, untuk dapat mengadakan alat pemadam api seperti hidran dan sprinkler, hal ini mengingat gedung RSIA Rizki Bunda bertingkat,”ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSIA Rizki Bunda, dr. Atika Rahimah mengatakan, sosialisasi dan pelatihan yang diberikan Damkar Kabupaten Agam tersebut merupakan permintaan dari pihaknya sendiri, mengingat tempat tersebut terdiri banyak orang, baik itu yang berobat maupun keluarga pasien.

“Hal ini bertujuan, jika terjadi suatu kebakaran para karyawan kita sudah terlatih untuk melakukan pemadam kebakaran dan juga untuk mengevakuasi orang- orang yang berada di rumah sakit ini,”ujarnya.

Selain itu, pihaknya saat ini sedang berupaya untuk mendapatkan sertifikat akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit, yang mana salah satu elemen penilaiannya itu adalah melaksanakan pelatihan pemadam kebarakan bagi para karyawan.

“saya berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan karyawan kita dalam melakukan pemadaman kebakaran dan meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya api yang bisa menyebabkan kebarakan,”kata dr. Atika Rahimah kepada kaba12.com.

(Ardi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top