Kaba Terkini

82 Assesor Pelaksana Gerakan Nagari Madani Diberi Pelatihan

Lubukbasung, KABA12.com — Sebanyak 82 orang tim evaluasi (assesor) pelaksana gerakan nagari madani yang tersebar di masing-masing nagari di Kabupaten Agam diberi pelatihan dengan metode in class selama 16 jam mata pelihan mulai 11 hingga 12 Juli 2018 bertempat di Ballroom Hotel Sakura Syariah di Lubukbasung. Pelatihan yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) kabupaten Agam itu ditujukan sebagai bekal bagi para assesor di nagari dalam melakukan assesment instrumen pengukuran nagari madani.

Kabid Bina Pemberdayaan Masyarakat DPMN Agam, Zulkarnaini dalam laporannya menyampaikan 82 orang assesor tersebut merupakan hasil seleksi dari rekrutan tenaga assesment sebanyak 118 orang peserta.

“Dari 118 orang peserta seleksi telah direkrut sebanyak 82 orang assesor mewakili 16 kecamatan di kabupaten Agam. Terdiri dari 24 tenaga assesment tahun 2017 lalu dan 58 rekrutan assesment yang baru,” sebut Zulkarnaini.

Selama dua hari kedepan sampai Zulkarnaini, para assesor tersebut akan dibekali dengan materi yang disampaikan oleh fasilitator pelatihan tenaga assesment yang berasal dari unsur akademis, praktis dan pemerintahan.

“Nanti dengan metode class ini selma 16 jam mata pelatihan para peserta akan diberi materi tentang kebijakan pemkab Agam dalam pembangunan nagari madani, konsep kriteria dan instrumen pengukuran nagari madani, kode etik assesor, teknis assesment, serta bagaimana penyusunan laporan assesment,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMN Kabupaten Agam Teddy Martha saat membuka langsung kegiatan tersebut menyebutkan tujuan khusus dari kegiatan tersebut agar setelah pelatihan tenaga assesment ini nantinya assesor dapat memahami mekanisme evaluasi pelaksanaan gerakan nagari madani, serta mengetahui kriteria dan indikator dari instrumen pengukuran gerakan nagari madani.

“Dalam pelatihan ini peserta tidak hanya akan dilatih sebagai assesor semata, melainkan juga akan dibina sebagai kader penggerak nagari madani di nagari mereka masing-masing,” sebut Teddy.

Lebih lanjut Teddy Martha menyampaikan gerakan nagari madani ini sebelumnya telah dicanangkan Bupati Agam pada 30 September 2017 lalu, namun dalam pelaksanaannya gerakan tersebut telah dahulu dimulai sebelum hal itu dilaunching kepada publik, “jadi 82 assesor ini akan melakukan assesment yang kedua sejak gerakan nagari madani dilaksanakan oleh pemkab Agam,” tutup Kepala DPMN Agam.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top