Kaba Pemko Bukittinggi

30% Keterwakilan Bacaleg Perempuan Mutlak

Bukittinggi, KABA12.com — Pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, keterwakilan perempuan sebagai bakal calon anggota legislatif, dari masing-masing partai politik, menjadi syarat mutlak.

Aturan ini telah ditetapkan untuk ke empat kalinya, dengan sejumlah perubahan regulasi.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi Benny Aziz, menjelaskan, setiap Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu diminta untuk memperhatikan keterwakilan perempuan.

Sesuai peraturan KPU saat ini, minimal setiap parpol memiliki 30 persen bakal calon legislatif setiap dapil, yang didaftarkan ke KPU.

“Sejalan perubahan undang-undang pemilu pada 2008 dan 2012 yang mengatur lebih rinci kebijakan ini, selain pencalonan minimal 30 persen, juga mengatur penempatan perempuan di daftar calon yaitu setiap tiga nama paling kurang terdapat satu perempuan. Aturan tersebut tidak berubah di UU Nomor 7 tahun 2017 sebagai hukum formal pelaksanaan Pemilu 2019,” jelasnya.

Tidak hanya akumulatif jumlah caleg perempuan dari total tiga Daerah Pemilihan (Dapil) saja, namun tiap dapil wajib memuat paling kurang 30 persen perempuan dalam daftar Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) yang diusulkan 16 Partai Politik (Parpol) yang terfdaftar.

“Aturan ini membuka peluang keterpilihan menjadi lebih tinggi di tiap Dapil. Dengan asumsi aturan pencalonan perempuan tidak berubah dalam Undang-Undang Pemilu, sehingga tidak ada alasan bagi KPU Kota Bukittinggi periode ini untuk tidak membuat peraturan pencalonan yang sama, karena hal ini juga diberlakukan secara nasional,” tambah Benny Aziz.

Apabila tidak memenuhi ketentuan itu maka KPU Kota Bukittinggi menyatakan daftar calon partai politik di suatu Dapil tidak memenuhi syarat. Partai harus memperbaiki daftar calon, sehingga ketentuan tersebut mampu membuat pencalonan perempuan di tiap Dapil 30 persen.

“Untuk mendaftarkan Bacaleg perempuan ini, sebelumnya KPU Kota Bukittinggi telah memberikan sosialisasi pada Parpol peserta pemilu, termasuk dalam hal menyusun urutan Bacaleg yang diusulkan saat penyerahan berkas, ada aturan dalam nomor urutan, seperti dalam nomor urut 1 hingga 3, harus ada pada salah satunya Bacaleg perempuan. Dan hal ini harus dipenuhi seluruh Parpol,” ungkapnya.

Benny Aziz menuturkan, saat ini KPU Kota Bukittinggi masih menunggu berkas pendaftaran Bacaleg dari Parpol yang akan maju dalam Pileg 2019 mendatang, jadwal pendaftaran dari tanggal 4 hingga 17 Juli 2018, mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan khusus pada 17 Juli itu KPU membuka layanan pengajuan bacaleg hingga pukul 24.00 WIB.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top