Kaba Terkini

MTQN Agam Ke-38 Ditabuh, Bupati: Momen Membangun Karakter Anak Bangsa

Matua, KABA12.com –Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) Tingkat Kabupaten Agam ke-38 resmi dimulai.

Hal itu ditandai dengan penabuhan beduk oleh Bupati Agam Indra Catri bersama Wakil Bupati Trinda Farhan Satria dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumbar yang diwakili Kabid Pakis Kardinal, dilokasi mimbar utama di lapangan hijau Matua, Selasa (10/07) sore.

Laporan pengurus LPTQ Agam disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam H. Edi Oktaviandi, dijelaskan jumlah peserta yang mengikuti MTQ ke-38 itu sebanyak 679 orang dengan tambahan official 256 orang, dengan 10 cabang lomba.

“Dari data LPTQ Sumbar, kabupaten Agam memiliki asset yang potensial dibidang agama yang akan memberi kontribusi dalam menggenjot nama Agam di provinsi dan nasional nantinya. Sebelumnya Agam berada di peringkat 7 provinsi, kita berharap dengan MTQ ini qori qoriah kita akan mengangkat prestasj Agam nantinya,” ujar Kakan Kemenag Agam Edi Oktaviandi.

Apresiasi diberikan Kanwil Kemenag Sumbar yang diwakili Kabid Pakis H. Kardinal, “Agam dalam hal keagamaan tidak diragukan lagi, ulama besar lahir dari sini, semoga qori dan qoriah yang mengikuti MTQ ini pun dapat lahir kembali Syekh Alminangkabawi muda, Buya Hamka muda dan Syekh Arrusili muda,” sampai Kardinal.

Bupati Agam Idra Catri menyebutkan proses MTQN ini telah dimulai secara berjenjang dari tingkag nagari, kecamatan hingga kabupaten dan hal itu telah dilakukan sejak empat tahun lalu.
Bupati menyebutkan kebenaran Alquran menembus ruang dan waktu, serta menjadi literatur umat Islam dan non muslim dari dahulunya.

“Betapa pentingnya Alquran ini ada disetiap sendi kehidupan masyarakat. Ini adalah esensi dari kegiatan MTQ ini,” ungkap Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan kegiatan MTQ tidak semata sebagai ajang perlombaan dan kompetisi saja. Namun diniat sucika untuk memahami substansi Alquran,”insyaallah, dengan begini kita dapat membangun karakter moral anak bangsa,” pungkasnya.

Untuk itu Bupati berharap agar seluruh masyarakat dihimbau untuk mensukseskan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Agam yang digelar selama empat hari kedepan 10 hingga 14 Juli 2018 di Kecamatan Matua.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top