Kaba Terkini

Alek Keagamaan Mulai Ditabuh, Bupati Buka MTQN ke-38 Agam

Pariwara, kaba12.com — Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah buka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-38 tingkat Kabupaten Agam tahun 2018 di halaman kantor Camat Matur, Selasa (10/9).

Event pembukaan yang berlangsung luar biasa dihadiri ribuan warga Kecamatan Matur itu, menjadi event alek keagamaan yang sangat ditunggu masyarakat.

Bupati Agam H. Indracatri dalam sambutan pembukaannya mengatakan, MTQ merupakan salah satu bentuk implementasi gerakan Nagari Madani di kabupaten Agam.

Event MTQ digelar secara berjenjang mulai dari tingkat jorong, nagari, kecamatan dan kabupaten yang justru menjadi ajang kompetisi mengasah kemampuan penguasaan berbagai hal terkait dengan pelaksanaan ibadah dan ajaran Islam berdasarkan Al-Quran.

Bupati mengaku salut, melihat besarnya animo dan perhatian masyarakat dalam kegiatan MTQ, karena hal itu juga sebagai moment mengasah kemampuan generasi muda dalam penguasaan ibadah, sehingga melahirkan generasimuda yang Qur’ani.

Gambaran itu, sebut H. Indracatri menunjukkan bahwa tidak lama lagi kabupaten Agam akan melahirkan para calon ulama-ulama besar sekaliber Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Sulaiman dan Buya Ha

MTQ disebutkan bupati juga sebagai ajang seleksi dan evaluasi daerah dan masyarakat dalam mempersiapkan generasimusa dalam event yang lebih besar

” Hasil MTQ ini dalam kurun waktu tiga hari, sudah bisa terseleksi 1.000 orang hafiz dan hafizah khusus 2 juz untuk menjadi duta Al-Qur’an Sumatera Barat utusan Kabupaten Agam,” ulas bupati.

Bupati Agam itu ditengah rasa bangganya menambahkan, menjelaskan, MTQ memiliki makna, selain prestasi yang utama, namun yang lebih utama lagi adalah syiar dan dakwah membumikan Al-Quran di ranah Rang Agam.

Pelaksanaan MTQ yang rutin itu, diharapkan juga menjadi proses kaderisasi, regenerasi dan pembinaan, membentuk insan-insan yang handal dan berdaya saing tinggi, sehingga melahirkan sumber daya manusia masa depan yang berkualitas bermental agama yang kuat.

H. Indracatri Dt. Malako nan Putiah berharap, MTQ bisa menjadi ajang kompetisi sehat, karena bertujuan untuk melahirkan potensi masa depan yang lebih baik, ” jadikan MTQ sebagai ajang seleksi dan evaluasi bersama untuk meraih prestasi terbaik, ” harap bupati Agam itu lagi. (*)

MTQN Agam ke-38, 935 Kafilah Bersaing Ketat

MTQN kabupaten Agam ke-38 yang dipusatkan di kecamatan Matur yang dibuka Bupati Agam, Selasa,(10/7) . Laporan ketua panitia MTQN ke-38 Agam Tommy TDR, sebanyak 935 orang kafilah dari 16 kecamatan yang terdiri dari qori-qoriah peserta 10 cabang lomba yang dipertandingkan dalam MTQN Agam ke-38, unsur pendukung, pendamping kecamatan akan menghadirinya acara pembukaan event dua tahunan tersebut.

Dijelaskan, dari 935 orang kafilah dari 16 kecamatan tersebut, akan ditampung di 27 pemondokan yang tersebar di seluruh nagari yang ada di kecamatan Matur, dimana masing-masing kecamatan memakai 2 rumah penduduk untuk pemondokan selama kegiatan MTQN Agam k-38 berlangsung. .

Dilain pihak, panitia juga sudah menyiapkan pemondokan untuk 54 orang dewan hakim dan 14 orang panitera yang dikonsentrasikan di 1 rumah di kompleks Lawang Park.

Sementara untuk pemondokan dan sentral operasional panitia juga sudah menyiapkan 2 rumah.

Sesuai hasil evaluasi yang digelar LPTQ Agam bersama panitia kecamatan dan OPD terkait, secara umum, MTQN Agam ke-38 yang dipusatkan di Matur, sudah siap dilaksanakan dengan berbagai sarana pendukung.-(*)

MTQ Wadah Mengasah Kemampuan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Edi Oktaviadi, yang membacakan laporan Ketua LPTQ Agam dalam pembukaan MTQN ke-38 kabupaten Agam menyebutkan, MTQ wadah bertemunya para qori – qori’ah, hafiz dan hafizah, serta para anggota kafilah MTQ dari seluruh kecamatan di Kabupaten Agam.

“Dalam moment ini, para kafilah datang untuk saling berlomba, mengasah kemampuan dan mengejar prestasi dalam seni baca Al-Qur’an, serta pemahaman isi kandungan Al-Quran.

Moment MTQ, sebut Edi Oktaviandi, jadi ajang mempererat silaturahmi dan ukhuwah seluruh masyarakat kabupaten Agam, ‘ karena silaturrahmi adalah kunci utama prestasi dan terlaksananya berbagai agenda besar termasuk MTQ, ” sebutnya.

Dengan semangat silaturrahmi itu, diharapkan MTQN ke-38 kabupaten Agam yang digelar selama 4 hari tersebut bisa berjalan sukses, selain mengejar prestasi menjadi yang terbaik, sukses pelaksaan event dua tahunan adalah target bersama yang diawali semangat silaturrahmi dan kebersamaan. (*)

MTQN ke-38 Agam Luar Biasa

Gubernur yang diwakili Kabid Pakis Kanwil Kemenag Sumbar, Drs H Kardinal, ungkap salut dan memberi apresiasi khusus kegiatan MTQN ke-38 Kabupaten Agam yang mendapat dukungan luas masyarakat.

Dibuktikan dalam moment pembukaan, ribuan warga membanjiri lokasi MTQ diiringi rasa bangga.

Hal itu membuktikan semangat madani dan komitmen peduli sangat luar biasa terbangun dalam masyarakat.

” Hal itu terbukti, kegiatan MTQ di Agam didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah, sehingga pembukaan MTQ berlangsung meriah. Kami berharap semoga kemeriahan dan semarak ini bertahan selama penyelenggaran MTQ, sampai hari penutupan, “harapnya.

H. Kardinal menyebutkan, potensi yang dimiliki masyarakat kabupaten Agam, khususnya para kafilah bisa muncul menjadi yang terbaik, sehingga bisa meraih prestasi terbaik, tidak hanya di tingkat kabupaten Agam tapi juga di tingkat propinsi dan nasional.

“Kami optimis, banyak potensi terbaik yang lahir di kabupaten Agam, bahkan sukses mengharumkan nama Sumatera Barat ke pentas nasional, kami berharap hal itu terlahir dari MTQN ke-38 Agam saat ini, ” ulas H. Kardinal. (*)

Ribuan Warga Tumpah Ruah di Arena MTQN Agam

Ribuan warga terlihat antusias banjiri lokasi acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-38 tingkat Kabupaten Agam tahun 2018, di lapangan depan kantor Camat Matur, Selasa (10/7).

Warga terlihat puas dan bangga dengan dipusatkannya MTQN tingkat kabupaten Agam di kecamatan Matur tersebut, karena event itu dinilai sangat luar biasa dalam mendorong kemajuan wilayah itu.

Beberapa tokoh masyarakat Matur mengaku bangga dan bahagia karena event yang digelar, merupakan acara akbar bahkan tidak pernah ada selama ini di wilayah tersebut.

Camat Matur, Tomy TRD yang mengaku ikut suprise dengan luar biasanya animo masyarakat Matur itu, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memeriahkan pembukaan MTQ tingkat Kabupaten Agam Selasa sore itu.

“Kami bangga atas tingginya antusiasme masyarakat tersebut, bahkan masyarakat dari semua usia tumpah ruah ke lokasi acara, ini luar biasa, terimakasih, ” sebut Tomy TRD berulangkali.

Camat Matur itu berharap, antusias masyarakat itu berlangsung sampai acara MTQ selesai,sehingga masyarakat tidak hanya bisa menyaksikan acara pembukaan dan penutupan, tapi juga mendengarkan secara langsung lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an, dan beragam lomba yang digelar.

Bahkan Tomy TRD meyakinkan, dukungan dan partisipasi masyarakat Matur, justru akan menentukan sukses penyelenggaraan MTQN ke-38 tingkat kabupaten Agam itu, termasuk bisa memotivasi kafilah kecamatan Matur untuk menjadi yang terbaik, ” kafilah Matur targetkan untuk masuk  lima besar,” tegas Tomy TRD optimis. (*)

Dafa, si Kecil Pukau Bupati Agam

Dafa Ramadhan (4,5 tahun), bocah mungil pukau Bupati Agam H. Indracatri bersama rombongan dan ribuan warga yang memadati arena pembukaan MTQN ke-38 tingkat kabupaten Agam di lapangan depan kantor camat Matur Selasa, (19/7).

Dafa, bocah pemain tambua itu, sukses menyedot perhatian banyak kalangan, apalagi dengan gaya khas dan kepiawaiannya bermain tambua.

Penasaran dengan kepiawaian Dafa, bupati Agam Indracatri bahkan langsung mendatangi group tambua Dafa bahkan langsung mengendong bocah lucu tersebut.

Dafa Ramadhan, slah seorang anggota tim tambua tansa group seni Bungo Tanjuang, Matua Mudiak, Kecamatan Matur.

Penampilan Dafa Ramadhan justru dominan dibanding 10 anggota tim tambua tansa lainnya.

Penampilan Dafa Ramadhan sendiri, menjadi tontonan menarik tersendiri bagi ribuan pengunjung acara pembukaan MTQN ke-38 tingkat kabupaten Agam di Matur tersebut, sehingga event akbar itu berlangsung makin meriah dan semarak.

” Luar biasa, Dafa jadi selebriti, sedot perhatian ribuan pengunjung,” komentar Hilton, Kabag. Humas Sekab Agam. (*)

GAP IPDN Pukau Ribuan Pengunjung Pembukaan MTQN Agam Ke-38

Group marching band Gita Abdi Praja (GAP) IPDN Kampus Sumbar gemparkan pembukaan MTQN tingkat Kabupaten Agam ke-38 di Matur, Selasa (10/7).

Penampilan group marching band itu sukses memukau ribuan pengunjung dan kafilah peserta MTQN Agam itu.

Bahkan, perhatian tak makin berbinar dengan penampilan pembukaan group marching band tersebut, walau cuaca di lokasi acara mendung dan gerimis.

Atraksi ratusan praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tersebut tidak terpengaruh oleh cuaca gerimis, bahkan makin atraktif memainkan berbagai formasi.

Performance mayoret yang memukau dan sesekali melontarkan tongkatnya ke udara mengundang decak kagum ribuan masyarakat yang menyaksikan acara pembukaan tersebut.

Bahkan warga yang kagum, antusias mengabadikan atraksi group marching band IPDN Baso itu.

Menurut pembina GAP IPDN Kampus Sumbar di Baso, Robi , group marching band itu diperkuat 110 orang yang terdiri dari berbagai posisi seperti, field commander, drum major dan majorette, hornline dan percussionline.

Marchingband Gita Abdi Praja merupakan satuan corp music kebanggan praja IPDN Sumatera Barat dibawah bimbingan DR.H.Abdul Malik, M yanh sejak tahun 2003 lalu, banyak berpartisipasi dalam berbagai event bergengsi di Sumatera Barat.

Diantaranya, tampil display dan deville saat pembukaan MTQ Sumatera Barat di Pasaman, beberapa acara HUT kabupaten/kota di Sumatera Barat termasuk dalam pembukaan MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Agam di kecamatan Matur yang sukses memukau ribuan pengunjung. (*)

Bupati Agam Lantik Dewan Hakim MTQN ke-38 Agam

Bupati Agam lantik 52 orang anggota dewan hakim MTQN ke-38 tingkat kabupaten Agam di halaman kantor Camat Matur, Selasa (10/7).

Pelantikan dewan hakim yang dihadiri Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Gubernur Sumbar diwakili Kabid Pakis Kanwil Kemenag Sumbar, Drs H Kardinal, anggota DPRD Sumbar, Aristo Munandar dan Nofrizon, beberapa anggota DPRD Agam, Kakankemenag Agam Edi Oktaviadi, Ketua LPTQ Agam, Martias Wanto, para kepala OPD, camat se-Agam dan 935 kafilah dan official MTQN ke-38 kabupaten Agam.

Saat pelantikan, Bupati Agam H. Indracatri berharap para dewan hakim yang dilantik melakukan penilaian secara objektif, arif dan bijaksana.

“Berikan penilaian terbaik dan wajar sesuai fungsi masing-masing dewan hakim, karena penilaian yang diberikan menjadi salah satu bentuk sukses MTQ,” katanya.

Bupati Agam itu menyebutkan, penilaian dewan hakim sangat menentukan bagi qori dan qori’ah yang berkompetisi saat ini, karena penilaian yang dilakukan merupakan salah satu tahapan persiapan MTQ tingkat provinsi maupun tingkat nasional.

Bupati Agam Indracatri menegaskan, bahwa tanggungjawab dewan hakim dunia akhirat, karena jika ada kecurangan, di akhirat nanti akan berurusan dengan Allah SWT,” berikan penilaian yang baik dan benar, ” harapnya.
(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top