Kaba Terkini

Goro Pembersihan Danau Maninjau, 140 Eks KJA Dibersihkan

Maninjau, kaba12.com — Gotong royong massal pembersihan danau Maninjau oleh masyarakat salingka danau yang dibagi di setiap wilayah nagari mendapat apresiasi dari banyak kalangan. Dari 4 kali kegiatan goro massal di 4 wilayah nagari berhasil mengangkat 140 bekas keramba jaring apung (KJA) dari permukaan danau.

Kegiatan goro massal Rabu kemarin, tim pembersihan dari jajaran pemerintah kecamatan Tanjung Raya dan pemerintah nagari Maninjau sukses mengangkat 24 bekas KJA yang tidak dimanfaatkan lagi di kawasan wilayah nagari Maninjau.

Baca Juga:  Hewan Qurban Tahun 2016 di Agam Menurun

Camat Tanjung Raya Handria Asmi, menjawab kaba12.com, Kamis,(5/7) menyebutkan, program pembersihan danau Maninjau yang merupakan kesepakatan bersama jajaran pemerintahan nagari dan unsur terkait dalam nagari, bersama pemerintahan kecamatan yang didukung unsur Forkopimda Tanjung Raya.

Gerakan bersih danau Maninjau dalam rangkaian program #save Maninjau , dimana target pertama tim #save Maninjau kecamatan Tanjung Raya, adalah membersihkan permukaan danau Maninjau dari berbagai jenis sampah.

Baca Juga:  Marga Indra Wakafkan Tanah, Mushalla Al Dana Dibangun

Selain sampah bekas KJA, tim pembersih juga membersihkan berbagai jenis sampah, termasuk eceng gondok dan alga yang memenuhi permukaan danau Maninjau, dan langsung dibuang ke tempat pembuangan sampah.

“ Kita intensifkan pembersihan danau Maninjau, karena sepanjang kawasan danau kini dipenuhi beragam jenis sampah, “ sebut Handria Asmi.

Camat Tanjung Raya itu mengaku optimis, program pembersihan danau Maninjau akan efektif untuk mendorong terealisasinya #save Maninjau, karena keberadaan danau Maninjau yang bersih bebas sampah, menjadi salah satu upaya mendorong kembali hidupnya potensi andalan kabupaten Agam tersebut.

Baca Juga:  Dampak Angin Badai, Rumah Rusak-Pohon Tumbang di IV Koto

Disisi lain, pembersihan bekas KJA di permukaan danau itu, menjadi salah satu langkah efektif dalam rencana pengurangan jumlah KJA di danau Maninjau, sesuai dengan salah satu langkah tim #save Maninjau beberapa waktu belakangan.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top