Kaba Terkini

Optimalkan Penghijauan Koto Tangah, Nagari Pucuk Merah

Tilkam, kaba12.com — Untuk memaksimalkan program penghijauan di wilayah nagari Koto Tangah, kecamatan Tilatang Kamang, jajaran pemerintah nagari setempat berupaya maksimal menyemarakkan seluruh ruas jalan dengan bunga pucuk merah.

Bahkan, untuk antisipasi ketersediaan bibit bunga pucuk merah, pemerintah nagari Koto Tangah bersama kecamatan, membangun kebun bibit khusus untuk memenuhi kebutuhan bunga pucuk merah di seluruh wilayah tersebut.
Yang menarik, untuk memaksimalkan program tersebut, wali nagari Koto Tangah didukung berbagai elemen nagari lainnya, dan camat Tilatang Kamang bersepakat menjadikan Koto Nagari sebagai nagari “Pucuk Merah”.

Hal itu disebutkan Mashuri, wali nagari Koto Tangah didampingi camat Tilatang Kamang Ade Harlien, disela goro massal perawatan dan penyisipan pohon pelindung dan bunga pucuk merah di wilayah Koto Tangah, Rabu,(4/7).

Baca Juga:  Jalur Alternatif Kelok 44 Mesti Jadi Prioritas

Disebutkan, deklarasi menjadikan wilayah Koto Tangah sebagai nagari pucuk merah itu, sebagai wujud keseriusan masyarakat dalam memelihara lingkungan dan membangun keindahan, khususnya di sepanjang ruas jalan yang ada di nagari Koto Tangah.

Hal itu, merupakan keputusan bersama jajaran pemerintah nagari Koto Nagari bersama 28 wali jorong yang ada di nagari tersebut dalam pertemuan Selasa,(3/7) kemarin di aula kantor wali nagari Koto Tangah, “ kesepakatan itu langsung ditindaklanjuti dengan goro bersama hari ini, “ sebut Mashuri.

Ditegaskan Mashuri, masyarakat nagari Koto Tangah sesuai hari rapat koordinasi pihaknya dengan jajaran wali jorong, sangat merespon hal itu sebagai bagian dari program Agam menyemai yang secara konsisten dilakukan di nagari Koto Tangah.

Baca Juga:  Fatwa Medsos Cenderung Berpedoman Pada Penggunaan Medsos

“ Kami bersepakat, menjadikan kawasan nagari Koto Tangah sebagai kawasan pucuk merah, khususnya di sepanjang ruas jalan utama di wilayah nagari, “ tegasnya.

Bahkan wlai nagari Koto Tangah itu menyebutkan, selain sebagai tindaklanjut program Agam menyemai, pihaknya justru optimis, dengan program penanaman bunga pucuk merah tersebut akan memberi beragam dampak positif bagi masyarakat di nagari Koto Tangah.

Sementara menurut camat Tilatang Kamang Ade Harlien, pihaknya mengapresiasi komitmen bersama jajaran pemerintahan nagari Koto Tangah bersama wali jorong tersebut, bahkan jajaran pemerintahan kecamatan bersama forkopimca Tilatang Kamang memberi dukungan penuh.
Ditambahkan, pihaknya bersama pemerintah nagari, sudah mempersiapkan langkah-langkah khusus terkait dengan program tersebut, termasuk dengan pembangunan kebun bibit untuk membudidayakan bunga pucuk merah yang akan diprogramkan dengan pola swadaya bersama pemerintah nagari.

Baca Juga:  PVMBG Sebut Lava Mulai Mengalir Lagi Mengisi Kawah Gunung Agung

“ Kami mengapresiasi terobosan yang dilakukan jajaran pemerintahan nagari Koto Tangah dan memberi dukungan penuh, “ tegas Ade Harlien.

Program semarak penanaman pohon pelindung dan bunga pucuk merah di sepanjang ruas jalan utama di wilayah nagari tersebut direspon masyarakat dan pemuda, dibuktikan dalam kegiatan goro yang digelar Rabu ini.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top