Kaba Pemko Bukittinggi

KPU Terima Pengajuan Balon Legislatif 4-17 Juli 2018

Bukittinggi, KABA12.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bukittinggi, gelar sosialisasi tahapan pencalonan bakal calon legislatif, kepada partai politik peserta pemilu 2019, di Rocky Hotel, Selasa (03/07).

Kegiatan ini dihadiri Komisioner KPU, Sektretariat KPU, Panwaslu, perwakilan Kesbangpol, PPK dan perwakilan Polres Bukittinggi.

Ketua KPU Bukittinggi, Benny Aziz, menjelaskan, setelah menunggu sejak beberapa waktu lalu, akhirnya KPU pusat telah mengeluarkan peraturan KPU no 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten kota. Dalam aturan tersebut tercantum dasar serta mekanisme dan persyaratan pengajuan bakal calon legislatif, baik untuk pusat, daerah tingkat I serta daerah tingkat II.

“Ini yang kita sosialisasikan hari ini, agar seluruh pengurus parpol peserta pemilu, paham dengan aturan yang ada. Sehingga diharapkan dengan sosialisasi ini, parpol memiliki satu pemahaman dalam proses pengajuan bakal calon legislatif,” ujar Benny didampingi komisioner KPU Donny Syahputra, Zulwida Rahmayeni.

Lebih lanjut, Benny Aziz memaparkan, masa pengajuan bakal calon oleh parpol ke KPU dimulai tanggal 4 Juli hingga 17 Juli 2018. Sebelum pendaftaran tersebut, partai politik peserta pemilu wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon ke dalam Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Selanjutnya, parpol juga wajib mengunggah dokumen persyaratan pengajuan bakal calon dan dokumen syarat balon ke dalam SILON.

“Proses memasukkan data dan mengunggah dokumen ke dalam SILON, dapat dilakukan mulai 30 hari sebelum dimulainya pengajuan bakal calon sampai hari terakhir masa pengajuan bakal calon. Kami juga mengharapkan seluruh parpol benar-benar memahami seluruh persyaratan untuk mengajukan bakal calon legislatif. Sehingga tidak ada kesalahan teknis dalam proses pencalonan ,” ulas Ketua KPU.

Selama tahapan ini, KPU membuka proses pengajuan bakal calon legislatif pada tanggal 4 Juli hingga 16 Juli pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sementara untuk hari terakhir, tanggal 17 Juli 2018 dibuka pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB.

Seluruh berkas para bakal calon akan diverifikasi tahap I, sesuai aturan yang ada. Jika ada persyaratan yang kurang, parpol diberikan waktu perbaikan atau melengkapi dokumen tanggal 22 Juli hingga 31 Juli 2018.

Dari hasil perbaikan itu, KPU kembali melakukan verifikasi pada tanggal 1 hingga 7 Agustus 2018.

(Ophik)

2 Comments

2 Comments

  1. Andri

    3 Juli 2018 at 17:48

    Alhamdulillah, trimakasih pak atas infonya,pertanyaan apakah ketentuan ini sama dengan KPU Agam

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top