Bukittinggi

Pengerjaan Embung Masuk Tahap Pengerasan Jalan

Bukittinggi, KABA12.com — Pembangunan embung di daerah Tabek Gadang, ABTB, mulai dikerjakan. Setelah pembebasan lahan oleh Pemko. Bukittinggi, saat ini proses pekerjaan memasuki tahap pengerasan jalan sebagai akses menuju embung.

Walikota didampingi Sekda dan Direktur PDAM Tirta Jam Gadang serta beberapa Kepala OPD, meninjau langsung proses pekerjaan ke lokasi, Selasa (26/06).
Dalam peninjauan itu, Wako melihat prosesnya berjalan optimal sehingga target pekerjaan diprediksi dapat terealisasi.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, proses pembangunan embung ini menggunakan dana APBN sebesar Rp 38 milyar.
Pemko dalam hal ini menjadi bagian dari pengawasan pekerjaan. Saat ini dilakukan pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi air baku Batang Tambuo Tabek Gadang tahap II.

“Saat ini sudah masuk tahap pengerasan jalan sebagai akses menuju lokasi. Dari dana hampir Rp 38 M yang disediakan, untuk tahap ini menelan dana Rp 9,3 milyar. Setelah ini selesai akan masuk tahap lain. Kita harapkan embung ini dapat selesai di Desember 2018 nanti dan akan kita pantau terus,” ujar Ramlan.

Sementara itu, Direktur PDAM Tirta Jam Gadang, Murdi Tahman, melalui timnya, Budi Suhendra menjelaskan, pekerjaan pembangunan embung akan memakan waktu 240 hari. Saat ini masuk tahap pengerasan jalan, kemudian selanjutnya akan dibangun embung seluas 3000 meter².

“Setelah selesai nanti, diprediksi embung ini dapat menghasilkan 40 liter per detik. Sehingga dengan hasil itu dapat memenuhi kebutuhan 4000 pelanggan. Dengan hal tersebut, tentu akan mengurangi persoalan kekurangan air bersih di kota Bukittinggi,” ujarnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top