Kaba Terkini

Pemotongan Sapi Akbar Tradisi di Bawan dan Tiku Kamis Dinihari

Bawan, kaba12.com — Bupati Agam dijadualkan akan menghadiri prosesi pemotongan sapi barantam di Bawan, kecamatan Ampek Nagari, Kamis,(14/6) dini hari ini.

Dijadualkan prosesi pemotongan akan dilakukan pukul 02.00 WIB, Kamis ini, dengan jumlah sementara 51 ekor sapi akan “rabah” hari ini di Bawan. Diyakinkan, jumlah sapi yang akan dipotong Kamis dini hari ini, akan mencapai 100 ekor di seluruh wilayah kecamatan Ampek Nagari.

Prosesi pemotongan sapi bersama diinformasikan juga akan dilakukan di pasar Tiku, sebagai prosesi tradisi masyarakat mambantai basamo jelang lebaran.

Khusus di Bawan, Ampek Nagari, prosesi pemotongan sapi bersama oleh masyarakat dan pedagang menjadi moment tersendiri yang banyak menarik perhatian masyarakat.

Bahkan, bagi kalangan perantau, moment membantai basamo tersebut menjadi ajang tersendiri untuk bersilaturrahmi.Camat A

mpek Nagari Roza Syafriandianti didampingi Kasi. PNM Ampek Nagari Eki Marlinda, sudah berada di lapangan untuk memantau persiapan pemotongan sapi massal tersebut.

Menurut Eki Marlinda, masyarakat dan perantau Ampek Nagari mengapresiasi kegiatan tahunan yang digelar tersebut,karena tidak hanya pedagang ternak, tapi juga masyarakat umum yang ingin membeli daging untuk kebutuhan lebaran atau sekedar menyaksikan prosesi unik yang hanya ada di kabupaten Agam tersebut.

” Kita berharap kegiatan rutin tahunan ini berjalan aman tertib dan lancar, ” sebut Eki Marlinda.

Bahkan, event tradisi tahunan itu, dijadualkan akan dihadiri langsung bupati Agam karena hal itu sangat menarik perhatian banyak masyarakat.

Informasi serupa juga diperoleh kaba12.com dari Tanjung Mutiara dimana prosesi pemotongan sapi juga akan berlangsung Kamis dini hari ini dalam jumlah yang cukup besar.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top