Kaba Terkini

Jelang Lebaran, Cimuntu Muncul di Balai Salasa

Lubukbasung, kaba12.com — Tradisi unik cimuntu menjelang lebaran kembali muncul di kabupaten Agam. Sepertinya kreasi para pemuda di Balai Salasa dan Kampung Tangah yang berpakaian cimuntu saat malam di ruas jalan utama kota sampai meminta partisipasi kegiatan lebaran pemuda.

Tradisi cimuntu yang hanya muncul beberapa hari menjelang lebaran tersebut, menjadi tontonan tersendiri masyarakat, dibuktikan banyak yang mengabadikan beberapa cimuntu yang berjoget di sepanjang jalan.

Baca Juga:  Kompetisi Pemuda Inspiratif, Semangat Patriotisme NKRI

Tradisi cimuntu ini, juga rutin dilakukan pemuda di wilayah Tanjung Raya, sebagai salah satu wujud silaturrahmi pemuda, menyambut lebaran, sekaligus untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam rangkaian kegiatan yang digelar usai lebaran.

Seperti pantauan kaba12.com di pasar Balai Salasa, Senin malam, di sepanjang ruas jalan, tak kurang dari 6 cimuntu sengaja bergaya, menghimbun sumbangan dari pengendara dan pengguna jalan yang dipandu beberapa pemuda lain.
Menarik, para cimuntu ini, tak hanya meminta sumbangan, tapi ikut berjoget menghibur para pengguna jalan yang melintasi ruas jalan yang cukup padat tersebut.

Baca Juga:  BPBD Agam Dorong Warga, Pro-Aktif PRB

“ Ini sudah tradisi, menjelang lebaran terus muncul, dan itu menjadi salah satu tontonan menarik masyarakat yang melewati wilayah ini, “ sebut Rio, warga Lubukbasung kepada kaba12.com.

Gaya cimuntu sendiri yang semakin kreatif, selain membungkus badan mereka dengan pakaian dari daun pisang, juga membuat topeng-topeng lucu yang dipasang diwajah mereka, sehingga menarik perhatian anak-anak di tempat mereka menghimpun sumbangan.

Baca Juga:  Wako dan Forkopimda Bukittinggi Jalani Vaksinasi Kedua

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top