Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Padat, Warga Kota Dihimbau Tidak Bawa Kendaraan

Bukittinggi, KABA12.com — Seperti yang diprediksi sebelumnya, Bukittinggi mulai dipadati pengunjung. Kondisi beberapa ruas jalan sudah mulai dipenuhi kendaraan, terutama pada malam hari.

Seperti di jalan Sudirman, Minggu (10/06) malam. Ribuan kendaraan baik roda dua maupun roda empat, menyelimuti badan jalan. Sehingga arus lalu lintas padat, namun masih tergolong lancar.

Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP Sukur Hendri Saputra mengatakan, peningkatan arus kendaraan ini mulai meningkat sejak Sabtu (09/06) lalu yang mulai masuk kendaraan dari luar daerah, karena menjadi hari pertama liburan Idul Fitri.

Baca Juga:  Tanjung Alam Membara 3 Bangunan Hangus Terbakar

“Untuk Sabtu lalu, sudah mulai ramai, namun belum padat. Memasuki Minggu malam, arus lalin terua meningkat. Namun kondisi terpantau padat lancar. Kita prediksi, puncak arus mudik terjadi Senin (hari ini -red) dan Selasa. Namun petugas kita sudah siaga di titik rawan kemacetan untuk mengantisipasi penumpukan arus,” jelasnya.

Pihak Polres Bukittinggi pun telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Terutama pada pintu masuk kota Bukittinggi, agar lalu lintas jalan raya tetap bergerak, tidak berhenti akibat macet.

“Jika kondisi lalu lintas dalam kota sudah ramai, petugas Satlantas Polres Bukittinggi akan membagi arus. Seperti di Simpang Jambu Air, apabila terjadi penumpukan kendaraan, arus dialihkan ke Simpang Taluak menuju By Pass. Sementara di dalam kota diterapkan satu jalur seperti dari Simpang DPRD menuju Panorama atau Pasa Ateh, termasuk di Simpang Empat Ngarai arus juga akan dialihkan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Agam Minta TdS Dievaluasi

Sementar itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyampaikan, meningkatnya kunjungan pada muaim lebaran audah biasa terjadi. Ini pun tentu akan berdampak juga pada perekonomian maayarakat. Namun demikian, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, warga kota juga dihimbau untuk tidak menggunakan kendaraan, apalagi roda empat.

Baca Juga:  Tio Tergeletak Tak Berdaya, Warga Parik Panjang Galang Donasi

“Kita harap warga Bukittinggi bersabar, kalau bisa tidak usah dulu membawa kendaraan keluar rumah, teutama roda empat. Kita beri kesempatan untuk pengunjung dan pemudik dulu. Sehingga ini menjadi salah satu langkah antisipatif untuk menekan kepadatan lau lintas,” himbau Ramlan.

Selain itu, pemerintah serta Polres Bukittinggi menghimbau kepada seluruh warga dan pengunjung, untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban kota. Petugas juga telah disiagakan untuk lebih terciptanya kenyamanan kota Bukittinggi selama masa liburan ini.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top