Kaba Pemko Bukittinggi

Baznas Salurkan Zakat Fisabilillah Untuk Guru dan Pegawai Honor

Bukittinggi, KABA12.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bukittinggi serahkan zakat kepada 429 orang guru dan pegawai honor SD, SMP, MIN dan MTsN se-Bukittinggi, Rabu (06/06) di aula Badan Keuangan, dana zakat bagi guru dan pegawai honor tersebut mencapai Rp 171.600.000,-.

Ketua Baznas Bukittinggi Prof. A.Rahman Ritonga, menjelaskan zakat diberikan kepada guru honor, karena tergolong kurang mampu.

Baca Juga:  Agam Bangun Posko Siaga Covid19, Dukungan Medis Dioptimalkan

Gaji yang mereka terima tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok secara layak.

“Mereka termasuk asnaf yang delapan dan digolongkan kepada fisabillillah (berjuang di jalan Allah SWT). Mereka juga termasuk pejuang yang mencerdaskan anak bangsa atau membangun akhlak bangsa.Sehingga, mereka digolongkan kepada Fisabilillah,” jelas Rahman Ritonga.

Penyerahan zakat ini juga sebagai penghargaan dari Baznas terhadap profesi guru honor. Dimana masing-masing guru dan pegawai honor ini mendapat zakat Rp 400 ribu per orang.

Baca Juga:  Capai Target BUMNag, DPMN Gencarkan Pembinaan

“Kedepan, kita harapkan guru honor dapat melaksanakan tugas dengan baik. Mereka jangan terganggu persoalan ekonomi.Guru honor harus lebih disiplin menjalankan tugas, sehingga bisa diusulkan menjadi PNS,” pesannya.

Total zakat bagi guru dan pegawai honor tersebut meliputi guru-guru dan pegawai madrasah 100 orang Rp 40 juta, guru-guru dan pegawai honor SMP 72 orang Rp 28.800.000 serta guru-guru dan pegawai honor SD 257 orang Rp 102.800.000.

Baca Juga:  Agam Bentuk Satgas PDE, Antisipasi Dampak Ekonomi Covid19

Penyerahan zakat guru dan pegawai honor tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi Melfi Abra, para wakil ketua dan pengurus Baznas Bukittinggi.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top