Kaba Terkini

“Satoimo” Berpotensi Dikembangkan di Palembayan

Lubukbasung, KABA12.com — Kini tak perlu lagi jauh-jauh mencari Talas Safira (Satoimo), pangan kesukaan orang Jepang sampai ke negerinya, atau pergi ke daerah Bantaeng Sulawesi Selatan yang sudah dulu membudidayakan talas tersebut di Indonesia. Masyarakat Agam khususnya di kecamatan Palembayan saat ini telah mulai mengembangkan varietas tersebut.

Plh. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam Arief Restu, mengatakan, langkah awal uji coba kecocokan talas safira di Palembayan dengan membuat demplot di pekarangan kantor BPP Palembayan. Setelah diamati, pertumbuhan talas tersebut dinilai cukup baik dan cocok untuk dikembangkan di Kecamatan Palembayan.

Baca Juga:  44 KPM PKH Kabupaten Agam Graduasi Mandiri

“Ini salah satu bentuk dukungan dari Distan Agam dalam program gelora Palembayan, kita ingin jadikan Palembayan sebagai sentra pangan baru di kabupaten Agam,” sebutnya.

Sebagai tndak lanjut dari hasil ujicoba demplot di Palembayan, Arief menyebutkan pihaknya kembali menambah 250 kilogram bibt talas safira untuk di tanama di lahan Kelompok Tani Campago Jorong Sungaitaleh, “bibitnya langsung kita datangkan dari Bantaeng Sulsel,” sebutnya.

Baca Juga:  Rehabilitasi dan Rekontruksi Bantu Ekonomi Masyarakat Pasca Bencana

Ia menjelskan, talas safira memiliki kandungan serat yang tinggi namun rendah lemak, bahkan kadar kolesterolnya 0 persen, sehingga melancarkan pencernaan dan peredaran darah. Selain umbi, seluruh bagian dari talas dapat dimanfaatkan seperti daun dan batangnya.

Baca Juga:  Nazif dan Nurhasni Juara Lomba " Rumah Teladan Menyemai 2018" di Tilkam

“Talas safira juga kaya akan sumber kalsium dan kalori, tetapi kandungan karbohidratnya rendah. Sehingga dapat dikonsumsi sebagai makan diet dan juga baik untuk penderita diabetes. Info yang lebih pentingnya talas safira merupakan bisnis yang sangat menguntungkan,” ulasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top