Kaba Terkini

Hujan Lebat, Lubukbasung Kembali Banjir

Lubukbasung,kaba12.com — Hujan lebat yang mengguyur wilayah Lubukbasung menjelang berbuka puasa hari kedua, Jumat,(18/5) kembali memicu banjir di berbagai tempat. Upaya membenahi ruas jalan utama sekeliling ibukota kabupaten Agam itu ternyata tidak memberi dampak berarti terhadap tumpahan air hujan.

Pantauan kaba12.com, dampak hujan lebat yang mendera mayoritas wilayah kabupaten Agam Jumat sore, tidak hanya menyebabkan ruas jalan utama di pusat pemerintahan kabupaten Agam, Padang Baru, Lubukbasung tergenang, seperti ruas jalan Sudirman, depan kantor bupati Agam, depan mapolres Agam, depan bank nagari, simpang Talago Padang Baru, Simpang IV Lapau Talang, kawasan Surau Kariang sampai ke Ujuang Labuah.

Ruas jalan propinsi juga ikut dipenuhi banjir, seperti halnya di Monggong, depan SPBU, Simpang Tembok, Simpang III, Lapau Talang, Hilir Pasar Lama, Lubukbasung dan kawasan Sampan serta berbagai titik yang menjadi sentral aktivitas masyarakat.

Dampak hujan lebat yang memicu banjir, menyebabkan masyarakat yang sebelumnya membanjiri beberapa titik penjual pabukoan, terpaksa balik kanan, karena selain cuaca, di beberapa titik banjir sudah menggenang sehingga mengganggu rencana warga untuk berbelanja pabukoan.

“ Drainase sepanjang jalan masih tidak bagus, termasuk di ruas jalan yang baru diperbaiki, yakni bahu jalan yang diberi beton, tidak diberi lobang dan jalur alternative untuk tumpahan air, sehingga merembet ke tengah jalan, jadi genangan banjir, “ sebut Syamsuardi, warga Lubuk Basung yang tertahan di depan kantor kaba12.com, kawasan Sudirman Lubukbasung, akibat jalan dipenuhi banjir.

Kondisi serupa juga terlihat di sepanjang ruas jalan utama kota, mayoritas badan jalan dipenuhi banjir, karena tidak adanya saluran drainase yang memadati, sehingga air hujan tergenang di permukaan jalan.Tak jelas, apakah ruas jalan yang baru dibenahi itu, akan ditata ulang atau dibiarkan seperti saat ini.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top