Kaba Pemko Bukittinggi

Baznas Serahkan Zakat untuk 217 Pasukan Kuning

Bukittinggi, KABA12.com — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bukittinggi, salurkan zakat kepada petugas lapangan dinas lingkungan hidup, di aula kantor Baznas Tengah Sawah, Jumat (18/05).

Zakat diserahkan secara simbolis oleh Walikota didampingi, Kakan Kemenag, Ketua Baznas, dan sekretaris dinas lingkungan hidup.

Ketua Baznas Bukittinggi, Prof. A. Rahman Ritonga, menjelaskan, awal Ramadhan ini, Baznas sudah mulai menyalurkan zakat bagi para mustahiq, karena jadwal sudah disusun untuk penyerahan bagi komunitas mustahiq kedepannya hingga akhir Ramadhan nanti. Untuk hari ini, disalurkan kepada petugas lapangan dinas lingkungan hidup. Sebanyak 217 orang mustahiq menerima zakat dengan jumlah Rp 400 ribu per orang.

“Hari ini mulai kita salurkan zakat. Pertama kepada petugas kebersihan, yang dilakukan dua shifit, pagi dan siang. Masing-masing menerima Rp 400 ribu dengan total Rp 86,8 juta,” jelasnya.

Kakan Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda, mengapresiasi Baznas Bukittinggi, karena kehadirannya sangat dirasakan masyarakat. Baznas selalu memberdayakan muzakki maupun memberdayakan mustahiq. Sehingga Baznas pun dipercaya sebagai lembaga pengumpul dan penyaluran zakat bagi warga, termasuk para pasukan kuning hari ini.

“Kepada mustahiq yang menerima hari ini, diharapkan dapat memanfaatkannya untuk kebutuhan penunjang lebaran nanti. Kami juga himbau, agar para mustahiq hari ini untuk tidak lupa mengeluarkan zakat fitrah sebelum Idul Fitri nanti,” himbaunya.

Sementara, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengungkapkan, kebanggaannya terhadap petugas lapangan yang bekerja membersihkan kota, sehingga Bukittinggi telah menerima Adipura untuk kedua kalinya. Untuk tahun ini pun diharapkan Bukittinggi kembali meraih Adipura.
Terkait penyerahan zakat, Walikota menghimbau petugas kuning untuk memanfaatkannya dengan baik. Walaupun diberikan di awal Ramadhan, namun tujuannya untuk penunjang lebaran nanti.

“Zakat ini diharapkan dapat diterima dan dipergunakan dengan baik. Jangan sampai memanfaatkan zakat ini sesuai keinginan, namun pergunakan sesuai kebutuhan. Sehingga penyaluran zakat ini dapat sesuai dengan tujuan dan maknanya,” ujar Ramlan.

Selanjutnya, Baznas akan terus menyerahkan zakat kepada para mustahiq. Beberapa jadwal telah disusun hingga akhir Ramadhan nanti, ditargetkan satu minggu sebelum lebaran nanti, para mustahiq sudah menerima zakat untuk bersama merayakan hari nan fitri.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top