Kaba Terkini

Pemkab Agam Edarkan Seruan Jelang Ramadhan

Lubukbasung, KABA12.com — Sebelum memasuki bulan suci Ramadhan 1439 Hjriyah, Pemerintah Kabupaten Agam edarkan tujuh poin himbauan yang diserukan kepada seluruh masyarakat daerah tersebut.

Adapun ketujuh seruan itu yaitunya, membuka pintu maaf bagi saudara seiman dan memberi maaf, menjalankan ibadah puasa dengan penuh rasa syukur serta melaksanakan ibadah Ramadhan dan Qiyamul Ramadhan secara bersungguh-sungguh dengan meramaikan masjid/mushalla/surau dengan sholat dan tarwih berjamaah, mendengarkan ceramah agama, tadarus Alquran, melaksanakan pesantren kilat, serta memperbanyak infaq dan sedekah.

Pemerintah juga mengimbau kepada seluruh pengusaha restoran dan rumah makan, warung dan kedai minuman untuk tidak membuka usahanya pada siang hari selama Ramadhan. Kemudian pada pengusaha warnet dan play stasion (PS) ataupun sejenisnya utuk tidak membuka usahanya mulai saat berbuka sampai sholat tarwih dan bagi orangtua diharapkan dapat mengawasi penggunaan internet dan handphone bagi anak-anak dan para remaja.

Tidak hanya itu, Pemkab Agam juga mengimbau masyarakat untuk menjauhkan diri dari segala perbuatan maksiat, penyakit masyarakat (Pekat) yang dapat merusak ibadah puasa, baik itu seperti berbuat asusila, togel, judi, narkoba, miras, petasan dan meriam bambu lainnya.

Tidak luput Pemda setempat juga mengimbau agar masyarakat waspada akan ancaman cuaca ekstrem dan bencana seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir, pohon tumbang, kebakaran dan bencana lainnya. Serta menyerukan bagi yang tidak berpuasa atau agama lain agar saling menghormati antara satu dan lain.

Menindak lanjuti himbauan Pemkab Agam tersebut Polres Agam bersama Kemenag, MUI, LKAAM dan juga sejumlah pemilik rumah makan dan restoran di Agam juga telah membuat komitmen untuk melaksankan seruan pemerintah daeah tersebut. Hal itu dinyatakan dalam rapat koordinasi yang digelar di Mapolres Agam di Lubukbasung, Selasa (15/05).

Dari hasil rakor tersebut, pemilik rumah makan telah sepakat untuk tidak membuka usahanya pada siang hari dan mulai beraktifitas pukul 17.00 WIB. Sementara untuk Niniak Mamak dan tokoh adat akan mengimbau anak kemenakannya untuk melaksanakan ibadah puasa dan ikut menjaga keamanan beribadah selama bulan suci Ramadhan.

Disisilain, Kasatpol PP dan Damkar Agam, Dandi Pribadai akan menindak tegas bagi pemilik rumah makan ataupun warung kelambu yang jika kedapatan berjualan pada siang hari.

“Kita akan tetap laksanakan giat selama Ramadhan, terutama merazia warkel yang masih buka disiang hari. Untuk saya meminta untuk bersama-sama saling menjaga koordinasi dan melaksanakan himbauan Pemerintah yang telah diedarkan,” tegasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top