Kaba Terkini

Pesantren Ramadhan 1439 H Dipusatkan di Masjid dan Mushalla


Lubukbasung, KABA12.com — Ramadhan 1439 Hijriyah kali ini, Pemkab.Agam melalui dinas pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan instruksi bagi kegiatan pesantren Ramadhan yang digelar sekolah setiap tahun

Biasanya, pesantren Ramadhan dilaksanakan di sekolah masing-masing, namun kali ini Disdikbud mengarahkan kegiatan tersebut ke masjid dan mushalla terdekat dari sekolah.

“Hal ini sejalan dengan gerakan nagari madani yang dicanangkan pemerintah akhir tahun lalu. Kegiatan pesantren Ramadhan dilaksanakan di masjid atau mushalla terdekat dari sekolah, tapi jika tidak, boleh dilaksanakan di sekolah,” ujar Kadisdikbud. Agam, Drs. Isra pada KABA12.com, Selasa (15/05).

Isra mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan guna mengimarahkan kegiatan keagamaan di masjid. Adapun kegiatan keagamaan yang akan dilakukan para siswa dan siswi delama Pesantren Ramadhan nantinya seperti, tadarus Alquran, tahdifz, melaksanakan praktek sholat dan ibadah lainnya, pengumpulan infaq, sholat berjamaah, “dan itu telah kita buatkan edarannya ke seluruh sekolah,” sebut Isra.

Sementara untuk kegiatan dimalam harinya dikatakan Kadisdikbud Agam, siswa dan siswi tetap diarahkan untuk mengisi buku amaliyah Notulen Ramadhan.

“Selain untuk mencatat ceramah agama yang disampaiakan ustad atau ustadzah pada kegiatan sholat tarwih, buku agenda tersebut juga berfungsi untuk kontrol sholat para siswa dan ini akan menjadi evaluasi bagi sekolah nantinya. Hal ini kita arahkan guna mendorong siswa lebih meningkatkan ibadahnya selama bulan Ramadhan,” jelasnya.

Lebihlanjut Isra menambahkan, kegiatan pendidikan pada bulan Ramadhan akan dimulai pada 21 Mei 2018. Dimana mulai tanggal 21-26 Mei siswa melaksanakan ujian akhir semester genab, 28-8 Juni kegiatan Pesantren Ramadhan dan 9 Juni penerimaan rapor siswa.

Sementara untuk libur lebaran mulai tanggal 11-23 Juni dan berlanjut dengan libur semester genab selama dua minggu mulai 25-7 Juli 2018.

“dan serentak se Sumatera Barat nantinya siswa mulai sekolah tahun ajaran baru pada 9 Juli 2018,” jelasnya.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top