Kaba Terkini

Imigrasi Sosialisasi Pendaftaran Pengurusan Paspor Melalui Online

Bukittinggj, KABA12.com — Kemenkumham Kanwil Sumbar Kantor Imigrasi Kelas II Agam, mengadakan sosialisasi dokumen perjalanan Republik Indonesia tingkat kota Bukittinggi, di hotel Novotel, Selasa (15/05).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Sumbar, didampingi Kakan Imigrasi Kelas II Agam,dan dihadiri Camat dan Lurah se kota Bukittinggi.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Sumbar, Sumantri Sihite, menjelaskan, kegiatan soaisaliasasi dokumen perjalanan Republik Indonesia ini penting dilaksanakan, agar masyarakat dapat mengetahui cara terkini dari proses pengurusan dokumen perjalanan itu. Sosialisasi kepada Camat dan Lurah merupakan langkah percepatan informasi kepada masyarakat luas, sehingga dapat langsung tersampaikan kepada warga.

“Kita ketahui Camat dan Lurah merupakan pejabat pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Sehingga informasi yang dibutuhkan oleh warga untuk mengurus dokumen perjalanan atau paspor, dapat didapatkan dan disampaikan langsung oleh Camat dan Lurah,” ungkap Sumantri.

Lebih lanjut, Kadiv Keimigrasian Kanwil Sumbar memaparkan, sistem pengurusan paspor saat ini cukup mudah. Cukup dengan melampirkan e-KTP, KK, Akte Kelahiran. Sementara, untuk pendaftaran, nerbeda dari biasanya, sejak beberapa waktu lalu, kantor imigrasi memberlakukan sistem pendaftaran online. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang menunggu lama di kantor imigraai, untuk mengurus dokumen perjalanannya.

“Tidak ada lagi antrian dari pagi. Masyarakat tang akan mengurus passpor, dapat mendaftar secara online, di antrian.imigrasi.go.id atau melalui aplikasi antrian paspor yabg dapat di download melalui play store. Dengan mendaftar secara online, maka si pemohon dapat mengetahui kapan akan datang ke kantor imigrasi untuk melakukan pngurusan paspor lengkap dengan jam nya,” jelas Sumantri.

Ezardi Syamsoe, Kepala kantor Imigrasi kelas II Agam mengungkapkan, masing-masing kantor imigrasi, memiliki kapasitas berbeda. Jumlah alat, petugas, sarana dan prasarana, sangat mempengaruhi jumlah layanan yang dapat dilakukan.

“Untuk kantor Imigrasi kelas II Agam, dalam satu hari dapat melayani 60 masyarakat. Sehingga masyarakat yang sudah mendaftar secara online, nantinya dapat datang ke kantor imigrasi untuk proses lebih lanjut, seperti penyerahan berkas dan foto,” ujarnya.

Setelah dinyatakan lengkap, lanjut Ezardi, pendaftar dapat membayar adminitrasi sesuai dokumen perjalanan yang diurus, langsung ke bank yang sudah ditunjuk. Nantinya dokumen yang diurus sepeeti paspor, dapat diambil ke kantir imigrasi, maksimal tiga hari setelah pembayaran ke bank.

“Kita permudah layanan untuk masyarakat. Mereka yang ingin mengurus dokumen perjalanan, dapat juga menentukan sendiri kapan akan datang ke kantor imigrasi, jam berapa dan kantor imigrasi yang mana. Yang penting saat datang ke kantor, harus membawa persyaratan dengan lengkap,” ulasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top