Kaba Terkini

Hilal Tidak Tampak Di Sumbar, 1 Ramadhan Jatuh 17 Mei 2018

Padang, KABA12.com — Posisi hilal belum terlihat dalam pengamatan atau rukyatul hilal yang dilakukan di lantai 4 Gedung Kesenian Sumatra Barat di Kota Padang, Selasa (15/05) petang. Hal ini sesuai dengan perhitungan hisab yang menyebutkan posisi hilal masih berada di angka -2 hingga -1 derajat atau di bawah ufuk.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumbar, Hendri mengatakan pengamatan hilal ini diadakan bekerja sama dengan BMKG Padang Panjang dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Sumbar. Hasil dari rukyatul hilal petang ini disampaikan kepada tim dalam sidang isbat oleh Kementerian Agama di Jakarta.

Baca Juga:  Polres Bukittinggi Berikan Reward Pengendara Tertib Berlalu Lintas

“Hilal tak terlihat di titik pengamatan kami,” ujar Hendri.

Hal senada juga disampaikn Kepala BMKG Padangpanjang Rahmat Triyono yang menyebutkan sejak awal pihaknya memang telah memprediksi hilal belum bisa terlihat, bahkan dalam cuaca cerah sekalipun.

Baca Juga:  Pengurus Forum UMKM Dikukuhkan

“Hasil ijtimak 29 Sayban, ketinggian hilal di wilayah Indonesia di bawah ufuk, hasil pengamatan dari tim Hisab Rukyah dari 47 titik pengamantan hilal semua tidak melihat hilal. Jadi diputuskan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018,” sebut Rahmat.

Baca Juga:  Shalat ID di Lapangan Kantor Bupati Agam, Pemkab.Agam Terapkan Protokol Kesehatan

Lebihlanjut dikatakannya, BMKG Sumbar akan kembali melakukan pengamatan hilal atau rukyatul hilal pada Rabu (16/05) besok, untuk memastikan 1 Ramadan 1439 bisa dimulai pada Kamis (17/5).

“Besok Rabu hilal sudah 12 derajat dan dipastikan Kamis lusa puasa,” kata Rahmat.

(Jaswit)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top