Bukittinggi

Perum Jamkrindo Latih Wartawan Berwirausaha

Bukittinggi, KABA12.com — Perusahaan Umum (Perum) Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melaksanakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) berupa pelatihan vokasi kewirausahaan untuk wartawan di Bukittnggi. Kegiatan ini, dibuka langsung Walikota Bukittingggi, didampingi Direksi Perum Jamkrindo, Pemred Warta Ekonomi dan dihadiri puluhan wartawan Bukittinggi-Agam sekitarnya, di Grand Rocky Hotel, Selasa (08/05).

Adnan Lukman Hatta, Kepala Kantor Wilayah I Medan Perum Jamkrindo menjelaskan, pelatihan wirausaha bagi wartawan ini, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Sumatera Barat lalu. Kehadiran Jamkrindo dalam acara ini merupakan bagian dari program “BUMN Hadir Untuk Negeri” yang digagas Kementerian BUMN sebagai wujud nyata peran BUMN untuk masyarakat dan sebagai agen pembangunan.

“Saat ini Jamkrindo memberikan pelatihan wirausaha berbasis UMKM untuk 25 orang wartawan. Juga memberikan bantuan Taman Bacaan Siswa di Bukittinggi Sumatera Barat, untuk SD Negeri 05 Tarok Dipo, kota Bukittinggi SD Kartika I-10 Padang Timur, Kota Padang,” ujar Adnan.

Baca Juga:  Balkondes & Home Stay Bukittinggi Wujud BUMN Hadir Untuk Negeri

Melalui program PKBL, Jamkrindo secara berkesinambungan memberikan bantuan untuk masyarakat berupa Taman Bacaan di berbagai kota seperti di Sembalun, Sibolga, dan kini di Sumatera Barat. Fokus kegiatan PKBL yang dilakukan Perum Jamkrindo lebih banyak difokuskan kepada kegiatan sosial kemasyarakatan. “Hal ini dilakukan karena kegiatan-kegiatan tersebut akan langsung memberikan dampak dan manfaat bagi mereka yang membutuhkan. Selain itu, hal ini dilakukan untuk bisa mengenalkan Perum Jamkrindo kepada masyarakat tentang bisnis yang dijalankan oleh perusahaan,” jelasnya.

Baca Juga:  Wako Tegas Tak Ada "Pemalakan" Lagi di Parkir Bukittinggi

Sementara, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyampaikan, Bukittinggi merupakan kota perdagangan dan jasa. Banyak potensi warga di bidang UMKM yang dapat dikembangkan sebagai pendukung visi misi Bukittinggi sebagai kota pariwisata, perdagangan dan jasa. Seperti keterampilan bordir kerancang, usaha kerupuk sanjai dan merandang kopi.

Dalam masa pemerintahannya, Ramlan bertekad untuk meningkatkan perekonomian warga. Untuk itu, sangat minim program renovasi atau bedah rumah, karena tidak akan memperbaiki ekonomi masyarakat.

“Untuk itu, lebih baik dilakukan pembinaan terhadap potensi dari masyarakat. Dengan pembinaan itu, tentunya warga dapat memperbaiki ekonominya secara perlahan dan apa yang mereka inginkan dapat terapai dengan usahanya,” ungkap Walikota.

Bukittinggi pun akan mendorong seluruh pelaku UMKM untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Mereka harus dapat berjualan secara online agar tidak tergerus dengan peningkatan dunia digital.
Terkait pelatiihan dari Jamkrindo, Walikota sangat mengapresiasi, karena juga sejalan dengan program pemerintah Bukittinggi. “Kita harap terus dilakukan kegiatan serupa dengan tingkatan dan skop yang lebih tinggi,” pungkasnya.

Baca Juga:  Setdakab Lampung Barat Kunker ke Bukittinggi

Tahun 2018 ini, Perum Jamkrindo terus berbenah dengan mengedepankan efisiensi dan efektifitas dalam menghadapi tantangan bisnis yang makin besar dan menuntut kesiapan dari semua unsur di dalam perusahaan untuk lebih baik dalam melaksanakan bisnis, tanpa meninggalkan core competency di sektor UMKMK. Perum Jamkrindo menunjukkan komitmen yang kuat untuk membantu UMKM di seluruh pelosok Indonesia untuk melakukan penjaminan atas risiko kegagalan finansial para pengusaha UMKM.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top