Kaba Terkini

Indra Catri, Layak Sandang Satya Lencana Pembangunan KKBPK  2018

Bidang Kependudukan, Agam Alami Kemajuan

Lagi, bupati Agam H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah bakal dinobatkan dan masuk dalam nominasi penerima penghargaan nasional, Satya Lencana Pembangunan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga tahun 2018.

Indra Catri bersama 22 kepala daerah lain di Indonesia saat ini, masuk dalam nominasi nasional penerima penghargaan itu dari presiden setelah melalui serangkaian proses seleksi dan tahapan yang sudah dilakukan tim khusus dari pemerintah pusat.

Penghargaan satya lencana pembangunan bidang kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga itu, dinilai layak disandang Indra Catri, mengingat beragam terobosan sudah dilakukan sejak menjawab kepala daerah di kabupaten Agam.

Dibuktikan dari serangkaian terobosan yang sudah dilakukan dalam kaitan program keluarga berencana, bidang kependudukan dan pembangunan keluarga, dengan melibatkan berbagai unsur penting di kabupaten Agam.

Program kependudukan dan keluarga berencana, beberapa tahun terakhir sudah menjadi agenda khusus, yang tidak hanya melibatkan OPD khusus di tingkat kabupaten, tapi juga menjadi bagian dari program utama pemerintahan kecamatan dan nagari saat ini.

Bahkan, dalam kegiatan tim penggerak PKK, program kependudukan dan kesejahteraan keluarga menjadi agenda penting yang secara rutin dilakukan, bahkan program prioritas untuk kesejahteraan keluarga itu, menjadi bahan rutin sampai ke tingkat jorong dan kampung yang dilakukan anggota TP.PKK yang bersinergi dengan OPD lain.

Secara spesifik, kemajuan bidang kependudukan, pembangunan keluarga sejahtera dan keluarga berencana mengalami peningkatan yang signifikan di kabupaten Agam, dibuktikan dari serangkaian prestasi yang dirilis kelompok masyarakat, tim posyandu, KB dan PKK tingkat nagari yang memberi warna lebih bagi kemajuan Agam.

(Harmen)

Agam Menyemai, Pilar Utama Keluarga Sejahtera

Penghargaan satya lencana pembangunan bidang kependudukan,keluarga berencana dan pembangunan keluarga itu, dinilai layak diberikan untuk bupati Agam H.Indra Catri. Pasalnya, kemajuan bidang kependudukan dan kesejahteraan keluarga, terlihat semakin signifikan, jika diramu dalam penilaian kompleks saat ini.

Beberapa tahun terakhir, fokus program Pemkab Agam yang melibatkan lintas OPD terkait, target dan fokus kegiatannya diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat, dengan mendorong kemandirian masyarakat sampai ke level paling bawah.

Program Agam menyemai, merupakan akar dari sukses mendorong kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat, yang berakar dari keluarga sejahtera. Kemandirian, dimana Pemkab Agam mendorong seluruh rumah tangga untuk giat memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami berbagai jenis tanaman produktif, dengan ketersediaan bahan pangan dalam keluarga, kekuatan menjadikan keluarga sejahtera akan terwujud.

Selain itu, program Forikan, program TP.PKK serta menjadikan anak-anak sehat melalui posyandu disingkronkan menjadi akar yang menjalar dalam program Agam menyemai, “ intinya kekuatan ekonomi dalam keluarga, jika pangan dan bahan pohon tercukupi, kesehatan terjamin dan pendidikan menjadi prioritas bagi seluruh warga, itu target Agam menyemai, “sebut Indra Catri. Agam menyemai yang mendorong kemajuan pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga sejahtera itu, kini dirasakan manfaatnya oleh warga.

(Harmen)

Untuk Kepala Daerah Berjasa dan Inovatif

Masuknya Bupati Agam H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah sebagai salah satu kandidat bersama 22 kepala daerah lain di Indonesia sebagai penerima satya lencana pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga menjadi catatan sejarah tersendiri bagi daerah ini.

Sebelumnya, tahun 2017 lalu, Indra Catri juga diberi penghargaan oleh presiden RI sebagai penerima satya lencana pembangunan bidang koperasi, sebagai wujud prestasi bupati Agam dalam membina dan mendorong perkembangan koperasi di seluruh wilayah kabupaten Agam

Tahun ini, Indra Catri juga dicalonkan sebagai salah satu kepala daerah penerima satya lencana pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga bersama 22 kepala daerah lain, karena banyak terobosan dan poin lebih yang dimiliki kabupaten Agam dalam mendorong kemajuan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

Terobosan bidang KKBPK yang sudah dilakukan Pemkab Agam beberapa tahun terkahir menjadi poin lebih bagi pemerintah pusat, seiring data pertumbuhan kegiatan pembangunan keluarga, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang terus melonjak.

Seperti disebutkan ketua tim verifikasi secretariat negara terkait dengan satya lencana pembangunan KKBPK 2018 Ani Afrida Sinaga, kepala daerah yang masuk dalam nominasi penerima penghargaan dari presiden tersebut, merupakan kepala daerah terbaik yang memiliki program bidang KKBPK.

Penilaian KKBPK itu, sebut Ani Afrida Sinaga, dilakukan secara khusus, dimana tim yang ditunjuk terjun langsung ke lapangan, melihat dengan fakta dan data yang ada, terkait dengan terobosan yang dilakukan.

Disebutkan, kepala daerah yang dinilai, merupakan kepala daerah yang memiliki komitmen kuat dan punya inovasi kreatif dalam upaya mendorong kemajuan pembangunan keluarga, KB dan pembangunan keluarga,” kami akan survey ke berbagai tempat, kami akan himpun data dan fakta di lapangan, “sebut Ani Afrida Sinaga.

(Harmen)

Agam Layak Masuk Nominasi

Tim verifikasi satya lencana pembangunan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan (KKBPK) 2018 menilai, kabupaten Agam layak masuk dalam nominasi penerima penghargaan dari presiden tersebut.

Pasalnya, sesuai data dan fakta di lapangan, banyak kemajuan bidang kependudukan, KB dan pembangunan keluarga sejahtera yang sudah dilakukan secara konsisten yang muaranya untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

Menurut Ani Afrida Sinaga, ketua tim verifikasi satya lencana pembangunan KKBPK 2018, hasil investigasi, verifikasi dan tinjauan factual di lapangan, khususnya di kampung KB Tiku V Jorong, kecamatan Tanjung Mutiara, memberi gambaran ideal tentang kemajuan program KB dan kependudukan di kabupaten Agam.

“ Kami sudah meninjau kampung KB di Tiku V Jorong, dari hasil verifikasi lapangan, banyak poin plus yang memberi gambaran bahwa kabupaten Agam, layak masuk dalam nominasi penerima satya lencana pembangunan bidang KKBPK ,”sebutnya.

Dijelaskan, hasil verifikasi lapangan dan diskusi dengan OPD terkait, akan dibawa tim ke Jakarta untuk dirumuskan bersama, yang akan diajukan pada presiden, untuk ditetapkan.

Kepala daerah yang mendapat penghargaan itu, sebut Ani Afrida Sinaga, merupakan kepala daerah yang punya komitmen kuat dan inovatif dalam mendorong kemajuan keluarga sejahtera dan konsisten dalam mendorong sukses program keluarga berencana melalui ide-ide kreatif yang muaranya untuk mensejahterakan masyarakat.

(Harmen)

Agam Punya 32 Kampung KB

Program KB dan pembangunan keluarga sejahtera, sejak 3 tahun terakhir menjadi agenda khusus Pemkab Agam. Dibuktikan, saat ini tercatat sebanyak 32 kampung KB yang berhasil dibangunan menyebar di 16 kecamatan di kabupaten Agam.

Bupati Agam Indra Catri menyebutkan, pembangunan keluarga sejehatera,diawali dengan perencanaan kelaurga yang matanag, dan akan itu akan memberi pengaruh terhadap  indeks pembangunan manusia.

Fokus Pemkab Agam, terutama dalam bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi yang memiliki kaitan erat dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan pembangunan dibidang kependudukan dan keluarga berencana.

Hal itu didorong oleh peran aktif semua elemen yang ada sampai ke tingkat jorong dan nagari, dibuktikan dengan fokus program pembangunan kampung KB, dimana seluruh unsur berperan menyukseskan program tersebut, sehingga memberi warna lebih dalam upaya memacu kesejahteraan masyarakat.

Ditegaskan bupati, sukses kampung KB merupakan awal kemajuan nagari dan kecamatan secara mandiri, karena dengan kekuatan kebersamaan, ekonomi dan kekuatan agama, menjadi cikal penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, “ stabilitas ekonomi dan memprioritaskan masalah pendidikan menjadi kekuatan penting,” sebut Indra Catri.

Sinergi program, dan komitmen bersama masyarakat untuk menjaga dan mengawal sukses kampung KB tersebut, menjadi kekuatan utama untuk mendorong terealisasinya program tersebut di tengah masyarakat, “ masyarakat punya peran penting menyukseskan program tersebut, karena muaranya untuk kesejahteraan masyarakat juga,”ulas Indra Catri lagi.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });