Kaba Pemko Bukittinggi

Pasar Atas Akan Dibangun Dengan Konsep Gedung Hjiau

Bukittinggi, KABA12.com Kementrian PUPR, tinjau tahapan pembangunan kembali Pasar Atas Bukittinggi, Selasa (01/05).

Peninjauan pembangunan yang saat ini masuk tahap pembongkaran, didampingi walikota, wakil walikota, sekda, asisten, camat dan sejumlah Kepala OPD Bukittinggi.

Dalam tinjauan itu, rombongan melihat langsung proses pembongkaran Pasar Atas, sebelum nantinya dibangun baru dengan dana APBN. Bahkan, Kementrian pun meminta proses pembongkaran lebih dimaksimalkan, agar pembangunan nantinya dapat segera dilaksanakan.

Sri Hartoyo, Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR menjelaskan peninjauan kali ini, memang untuk memastikan, sejauh mana progres dari pembongkaran Pasar Atas.

Dimana, pemerintah pusat meminta pemko untuk dapat mempercpat proses pembongkaran dan seluruhnya agar segera diratakan.

“Kita harap pembongkaran dan pembersihan ini selesai maksimal bulan Juni. Sehingga setelah itu sudah bisa kita mulai konstruksinya. Karena saat ini di Jakarta sudah masuk proses tender,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sri Hartoyo mengungkapkan, untuk pembangunan kembali Pasar Atas, Kementrian pun mempekirakan, proses pembangunan nantinya menelan biaya sebesar Rp. 350 miliar. Anggaran tersebut disediakan dengan sistem multi years, tahun 2018 dan 2019.

“Kita rencanakan Pasar Atas dibangun dengan prinsip bangunan gedung hijau. Maksudnya, bangunan yang hemat energi, tidak terlalu banyak menghasilkan emisi karbon. Untuk kita akan banyak cross ventilasi, sehingga sirkulasi udaranya baik. Kita harapkan akhir 2019 selesai dibanfun dan tahun 2020 sudah bisa dimanfaatkan,” ungkapnya didampingi Kusumawardhani, Kasubdit Rentek BPB Cipta Karya.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan, beberapa hari terakhir telah dilakukan rapat dengan Kemetrian Lingkungan Hidup terkait perizinan lingkungannya dan sudah selesai. Selanjutnya, ia bersama sekda menemui Kementrian PUPR dan mengajak pihak terkait untuk langsung meninjau lokasi Pasar Atas.

Terkait, permintaan kementrian untuk memaksimalkan proses pembongkaran, walikota bersama wakil walikota, menyanggupi hal tersebut.

Bahkan, Ramlan Nurmatias mentargetkan pada tanggal 5 Mei mendatang Pasar Atas sudah rata dengan tanah.

“Kita akan siapkan dan maksimalkan prosesnya. Kita targetkan 5 Mei semua bangunan Pasar Atas sudah rata. Kita akan rapatkan bagaimana proses yang cepat untuk mengeluarkan material yang ada di dalamnya,” ungkap walikota didampingi wakil walikota dan sekda.

Untuk desainnya, lanjut Ramlan, pemko sudah mengajukan kepada pusat, dimana nantinya desain final, akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Kita juga sepakat dengan konsep gedung hijau. Desainnya nanti akan lebih menyatu dengan Jam Gadang, mengedepankan kearifan lokal, tidak menggunakan AC, karena biayanya cukup besar dan pemeliharannya juga besar. Dan ini tentu bisa menjadi proyek percontohan nasional,” ujarnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.


Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top