Kaba Pemko Bukittinggi

MTQ ke 38 Bukittinggi Ditutup, MKS Juara Umum

Bukittinggi, KABA12.com — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 tinngkat kota Bukittinggi ditutup secara resmi. Penutupan MTQ dilakukan langsubg oleh Walikota didampingi unsur Forkopimda dan sejumlah kepala OPD, Niniak Mamak, Bundo Kanduang dan undangan lainnya, di Mesjid Jami’ Birugo, Rabu (18/04).

Kabag Kesra Setdako, Zulfa Akmal, selaku Ketua Panitia pelaksana menjelaskan, MTQ ke 38 tingkat kota Bukittinggi telah dilaksanakan sejak Senin (16/04) dan berakhir pada Rabu (18/04). MTQ tingkat kota Bukittinggi ini diikuti sebanyak 290 peserta. Dimana kecamatan MKS mengirimkan 94 kafilah, kecamatan Guguak Panjang mengirimkan 96 kafilah dan tuan rumah kecamatan ABTB mengirimkan 100 kafilah.

“Pada MTQ kali ini, diperlombakan 8 cabang dan 17 golongan. Pelaksanaan MTQ berjalan lancar dan semua kafilah berada dalam keadaan sehat. Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung penuh pelaksanaan MTQ ke 38 tingkat kota Bukittinggi tahun ini,” jelasnya.

Baca Juga:  Curah Hujan Tinggi, Jalan Nasional Longsor. Truk Masuk Jurang

Senada dengan itu, Kakan Kemenag Bukittinggi, Abrar Munanda juga menyampaikan, terima kasih kepada para guru pembina yang telah mendidik peserta untuk tampil dalam MTQ kali ini. Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada pihak terkait yang mendukung kesuksesan pelaksanaan MTQ tahun ini.

“Ada 3 makna dari pelaksanaan MTQ, pertama ada syiar agama Islam, kedua, pengukur pembinaan kepada anak tentang pemahaman terhadap Al Quran dan terakhir sebagai motivasi para generasi muda untuk dapat terus meningkatkan pembelajaran Al Quran. Semoga ini menjadi amal ibadah kita di sisi Allah SWT,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sungai Pua Siaga Covid19, Danramil-KSB Bagikan Bantuan Sembako

Sementara, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menjelaskan, MTQ merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan dan sesuai visi misi pemerinntah kota di bidang keagamaan. Hal ini juga menjadi langkah LPTQ kota Bukittinggi dalam persiapan menghadapi MTQ ke 38 tingkat Sumbar di Kota Solok.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini, terutama dewan juri yang sudah bekerja keras melakukan penilaian. Sementara, untuk tahun depan kecamatan Guguak Panjang menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat kota Bukittinggi. Nantinya persiapan untuk melahirkan generasi qurani ini, akan terus digenjot mulai dari MTQ tingkat kecamatan,” jelas Ramlan.

Baca Juga:  Klopp Minta Maaf Atas Kekalahan Liverpool di Piala FA

Kepada kafilah, Walikota berpesan, jangan hanya mengejar juara, namun bagaimana pemahaman terhadap Al Quran itu sendiri, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari penilaian tim dewan juri secara keseluruhan, kecamatan MKS berhasil keluar sebagai juara umum pada MTQ tingkat kota Bukittinggi ke 38 tahun 2018 ini. 20 Kafilah dari MKS berhasil meraih juara 1, 15 kafilah meraih juara 2 dan 13 kafilah meraih juara tiga dengan total nilai 158.

Disusul kecamatan ABTB yang meraih 11 juara 1, 14 juara 2 dan 14 orang juara 3 dengan nilai 110. Sedangkan posisi ketiga kecamatan GGP yang meraih 10 juara 1, 12 juara 2 dan 14 juara 3 dengan total nilai 100.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top