Kaba Terkini

Warga Diminta Ekstra Waspada, Cuaca Ekstrem Masih Mengintai

Lubukbasung, kaba12.com — Kepala BPBD Agam M.Lutfie, AR himbau masyarakat kabupaten Agam di seluruh wilayah nagari untuk ekstra waspada menyikapi perubahan cuaca yang semakin ekstrem beberapa hari terakhir.

Dikuatirkan, jika masyarakat tidak waspada, terutama saat berada di luar rumah, ancaman resiko bencana justru akan semakin tinggi, apalagi wilayah kabupaten Agam yang mayoritas rawan dampak dan resiko bencana.

Disebutkan M.Lutfie, AR, beberapa hari terakhir, dampak curah hujan yang mendadak tinggi, tidak hanya memicu banjir dan longsor di beberapa wilayah, tapi juga angina kencang memicu pohon tumbang yang merusak sarana umum.

Dalam dua hari terakhir, tercatat 3 kecamatan yang terdampak bencana, terutama di Tanjung Mutiara, banjir dan longsor, di kecamatan Palembayan jalan longsor dan jembatan ambruk, dan di kecamatan Ampek Nagari, pohon tumbang menimpa sekolah.

“ Kami minta masyarakat mewaspadai dampak perubahan cuaca tersebut, sehingga hati-hati jika berada di luar rumah, baik saat di jalan menggunakan kendaraan, melintasi kawasan pebukitan dan saat melintasi genangan air, “ sebutnya.

Kepala BPBD Agam itu juga berharap, masyarakat segera menginformasikan pada pihaknya jika terjadi hal-hal yang merugikan, terutama jika musibah melanda wilayah masyarakat, sehingga pihaknya segera bisa menurunkan personil ke lapangan untuk mengantisipasi dampak pasca bencana.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top