Kaba Terkini

Warga Cumateh Siapkan Ritual, Deklarasi Kampung Anti Narkoba

Lubukbasung, kaba12.com — Warga RK.Cumateh, jorong VI Sungai Jariang, nagari Lubukbasung, kecamatan Lubuk Basung, wacanakan akan menggelar ritual keagamaan secara khusus yang menjadi tradisi masyarakat untuk mengokohkan komitmen untuk kemajuan kampung.

Ritual khusus itu dijadualkan akan digelar menjelang deklarasi menjadikan Cumateh sebagai kampong anti narkoba yang sejak awal sudah disepakati masyarakat. Secara spesifik, hal itu sudah dipersiapkan masyarakat, bahkan sudah direspon para tokoh masyarakat dan ninik mamak yang ada di Cumateh.

Ketua pemuda Cumateh (IPECES) Mesfian Dreki kepada kaba12.com, menyebutkan, animo bahkan desakan masyarakat untuk segera mendeklarasikan Cumateh sebagai kampung anti narkoba sudah semakin besar.

Bahkan, tokoh masyarakat dan pemuda, termotivasi dengan berbagai masukan dan dorongan yang diberikan berbagai pihak, terutama bahaya narkoba yang semakin mengancam aktivitas harian masyarakat.

Disebutkan Mesfian Dreki, warga Cumateh sangat antusias dengan motivasi berbagai kalangan apalagi dukungan Bhabinkamtibmas Lubukbasung yang mengharapkan, wacana itu bisa menjadi contoh bagi masyarakat di kabupaten Agam, “program ini menjadi tindaklanjut dari berbagai kegiatan pemuda yang sedang dikembangkan saat ini,” sebutnya.

IPECES sendiri, yang direspon tokoh masyarakat dan ninik mamak setempat, ini makin aktif berkegiatan, tidak hanya olahraga, tapi juga kesenian tradisi yang kian berkembang pesat, bahkan saat ini komitmen bersama memberantas narkoba, bahkan menjadikan Cumateh sebagai kampong anti narkoba sudah semakin kuat.

(Harmen)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Alamat : Jl. SUDIRMAN, NO.02, PADANG BARU, LUBUK BASUNG, KABUPATEN AGAM

Telp (0752)76808, e-mail : redaksi.kaba12@gmail.com.

Copyright © 2018. Theme by KABA12.com. All right reserved

To Top