Kaba Agam

Satu-Satunya di Indonesia, Bupati Indra Catri Narasumber di Lemhanas RI

Pariwara, kaba12.com — Bupati Agam H.Indra Catri didaulat sebagai pemateri utama dalam diskusi panel yang digelar di ruang NKRI gedung Pancagatra Lantai III-Barat, kompleks Lemhanas, Jakarta, Senin,(16/4).

Bupati Agam itu, tampil menyajikan makalah bersama para pejabat penting negara, dan hanya satu satunya bupati –walikota di Indonesia, yang diundang bahkan menyajikan materi dalam forum berskala Internasional tersebut.

Diskusi panel bertema sistim manajemen nasional ( sismennas) tersebut, bagi bupati Agam H.Indra Catri merupakan undangan kesekian kalinya untuk skala nasional tersebut, namun sebagai pemakalah di forum yang digelar Lemhanas RI itu dinilai spesifik dan luar biasa.

Sebagai pemateri itu, sesuai undangan yang diterima bupati Agam H.Indra Catri,  berdasarkan surat keputusan Gubernur Lemhanas RI No.20 Tahun 2018 tanggal 19 Februari 2018 tentang Perangkat Kendali Program Pendidikan Regular Angkatan (PPRA) LVII Tahun 2018 Lemhanas RI.

Acara yang dihadiri Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, bersama 100 orang peserta yang terdiri dari anggota Lemhanas jajaran TNI-Polri, dari beberapa kementerian, LPNK, kejaksaan agung RI, badan legislatif, utusan partai politik, organisasi masyarakat dan 7 orang utusan dari negara sahabat masing-masing dari Malaysia, Timor Leste, Sri Lanka, Zimbabwe, Nigeria dan Singapura.

Diskusi panel yang dipandu moderator Marsma. TNI. Yoyol Yekti Setyono, menghadirkan tiga orang panelis, masing-masing Men-PAN-RB, Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah dan Laksma. TNI. (Purn). Sumindiharso.

Bupati Agam H.Indra Catri yang menyampaikan makalah di sesi kedua setelah  Men-PAN-RB menyajikan materi bertema Meningkatkan Wawasan Aparat Birokrasi Pemerintahan Sebagai Abdi Negara Dalam Menghadapi Tantangan Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Sebagai satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang sebagai pemateri, bupati Agam Indra Catri menyarikan berbagai hal tentang program kegiatan Pemkab Agam serta upaya yang sudah dilakukan untuk mendorong upaya pengembangan wawasaan aparatur.

Indra Catri, mamaparkan upaya peningkatan kemampuan daerah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam menghadapi persaingan global, yang sasaran akhirnya upaya peningkatan nilai investasi dan nilai partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan kekuatan sinergisitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat terlaksana dengan baik.

Ditambahkan, hal itu digambarkan dengan kolaborasi pemerintah, swasta, dan masyarakat yang terbangun baik,sehingga mampu mendorong kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemampuan daerah.

Disisi lain, aspek yang dirasakan ,adalah peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi dilakukan melalui banyak cara, antara lain sosialisasi, himbauan, penyuluhan, serta penggunaan aplikasi e-votting.

Hal itu menurut Indra Catri, sudah dilakukan di kabupaten Agam, salah satunya dengan ragam terobosan yang dilakukan untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunan, yang dialami dengan konsep dasar ekonomi melalui Agam menyemai, penggunaan beragam aplikasi tekhnologi, termasuk sistim pemilihan e-votting yang sudah dilaksanakan, “ kolaborasi strategis antar berbagai lembaga, mendorong tingginya partisipasi demokrasi masyarakat saat ini,”sebutnya.

Diskusi panel yang digelar sehari penuh di Jakarta tersebut, menjadi salah satu agenda penting bagi Pemkab Agam dalam mendorong kemajuan daerah. Apalagi bupati Agam, merupakan satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang bahkan menyajikan makalah dalam forum berskala dunia tersebut.-(***)

Agam Diakui Pentas Nasional

Pengakuan akan “luar biasanya” kabupaten Agam makin terlihat di pentas nasional. Bupati Agam H.Indra Catri, didaulat menjadi narasumber utama dalam forum diskusi panel dengan tema sistim manajemen nasional ( sismennas ) di ruang NKRI Gedung Pancagatra Lantai 3-Barat, Lemhanas RI, Jakarta, Senin,(16/4).

Keunggulan pemimpin pemerintahan kabupaten Agam itu dibuktikan undangan khusus gubernur Lemhanas RI, nomor 20 Tahun 2018 tanggal 19 Februari 2018 tentang kegiatan diskusi panel sebagai Perangkat Kendali Program Pendidikan Regular Angkatan (PPRA) LVII Tahun 2018 Lemhanas RI.

Tidak hanya pengakuan secara nasional, tampil sebagai pemakalah di depan peserta Lemhanas 2018 tersebut, merupakan kebanggaan luar biasa bagi kabupaten Agam, bahkan Sumatera Barat, pasalnya hanya Indra Catri, bupati satu-satunya di Indonesia yang diundang khusus, bahkan member makalah bersama para pejabat tinggi negara lainnya.

Khusus bagi Indra Catri, bupati Agam dua periode tersebut, “suasana” di Lemhanas RI sendiri sudah seperti aktivitas rutin, pasalnya bupati Agam itu sudah 2 kali mendapat amanah tugas belajar di lembaga strategis nasional tersebut, pertama sebagai peserta dalam kapasitas kepala daerah dan kedua belajar dalam kapasitas sebagai tokoh masyarakat yang diundang khusus mewakili Sumatera Barat. Indra Catri, terpilih setelah melalui seleksi khusus dari 6 tokoh penting Sumatera Barat, termasuk gubernur Sumbar Irwan Prayitno.-(***)

Indra Catri Pemakalah di Lemhanas RI, Sejarah Luar Biasa Kabupaten Agam

Diminta H.Indra Catri Dt.Malako nan Putiah, bupati Agam sebagai pemakalah utama bersama Men-PAN RB dan Laksma.(purn) Sumindiharso, menjadi catatan sejarah tersendiri bagi masyarakat kabupaten Agam.

Pasalnya, undangan sebagai pemakalah di lembaga pendidikan untuk pemimpin nasional yang diakui dunia Internasional tersebut, merupakan hal luar biasa, dan menjadi ajang pembuktian, bahwa pemimpin kabupaten Agam yang tengah menjalani masa kepemimpinan kedua sebagai bupati itu.

Tak kurang, diskusi panel yang digelar di ruang NKRI Gedung Pancagatra Lantai 3 Barat Lemhanas RI, Jakarta Pusat, Senin (16/4) itu dihadiri 100 peserta dengan basis kegiatan beragam, terutama dari jajaran TNI-Polri, peserta dari beberapa kementerian, LPNK, kejaksaan agung RI, unsur legislatif, partai politik, organisasi masyarakat, serta 7 orang utusan perwakilan dari negara sahabat, yakni dari Malaysia, Timor Leste, Sri Lanka, Zimbabwe, Nigeria dan Singapura.

Diskusi panel yang dipandu moderator Marsma. TNI. Yoyol Yekti Setyono, berlangsung hangat , dimana gaya khas bupati Agam H.Indra Catri yang memukau, dinilai menginspirasi banyak pihak, apalagi sajian konkrit terkait dengan keberhasilan tugas yang sudah dilakukan di kabupaten Agam selama ini.

Bahkan, tema upaya peningkatan sumber daya aparatur dalam melaksanakan tugasnya untuk mendorong peran aktif masyarakat, sudah sejak awal dilakukan di kabupaten Agam, salah satunya sukses program Agam menyemai untuk menyedot partisipasi aktif masyarakat yang cukup tinggi, serta mendorong masyarakat untuk menguasai berbagai aplikasi khusus berbasis tekhnologi modern, sehingga mendorong pemahaman masyarakat tentang kemajuan.

Sukses kabupaten Agam yang kini menjadi salah satu ikon nasional, adalah keberhasilan melaksanakan pemilihan wali nagari sistim e-votting, konsep pelayanan berbasis internet, dan rencana pembangunan berbasis internet,(e-planning), yang seluruhnyoa mendorong tingginya partisipasi masyarakat, tidak hanya dalam kaitan pembangunan-kesejahteraan, tapi juga partisipasi berdemokrasi.-(***)

Agam Bisa, Agam Luar Biasa

Undangan khusus, bahkan diminta sebagai narasumber oleh lembaga strategis nasional yang diakui dunia Internasional, Lemhanas RI bagi pemerintah kabupaten Agam, bahkan masyarakat kabupaten Agam menjadi salah satu bagian penting dalam mengkampanyekan sosok kabupaten Agam yang sesungguhnya kepada kalayak.

Gebyar Agam bisa, Agam luar biasa terjawab sudah dengan serangkaian agenda berskala dunia yang dihadiri bupati Agam H.Indra Catri, karena ditengah menjalani masa periode kedua sebagai bupati Agam, nama Indra Catri begitu dikenal berbagai kalangan, tak hanya di Sumbar, tapi juga di pentas nasional.

Apalagi permintaan khusus dari Lemhanas RI sebagai pemakalah Senin,(16/4) ini, menjadi pembuktian, bahwa kabupaten Agam sudah berbagai banyak di berbagai forum, seiring gebyar pembangunan daerah yang dilaksanakan saat ini.

Menurut H.M.Dt.Maruhun, Sekab Agam, didampingi Kabag.Humas Sekab Agam Hilton, undangan sebagai pemakalah dari Lemhanas RI pada bupati Agam itu, menjadi motivasi luar biasa bagi seluruh ASN di Pemkab Agam, karena hal itu merupakan kebanggaan daerah yang sangat disyukuri.

Hal itu sebutnya, menjadi salah satu poin penting bagi jajaran Pemkab Agam, untuk lebih memaksimalkan kegiatan ditengah masyarakat, mengingat apa yang disuguhkan bupati Agam dalam diskusi panel dihadapan lebih dari 100 peserta dari berbagai elemen penting negara, termasuk utusan beberapa negara sahabat, merupakan kegiatan yang sudah dilaksanakan di kabupaten Agam, baik e planning, e-votting, mendorong partisipasi warga dalam berdemokrasi, dan tahapan-proses mendorong peran aktif masyarakat dalam kemajuan daerah.

“ Alhamdulillah,ini kebanggaan bagi daerah, kebanggaan masyarakat kabupaten Agam yang patut disyukuri, karena akan semakin banyak dukungan dan dorongan untuk kemajuan daerah yang akan diterima kabupaten Agam, terutama dalam penyiapan aparatur untuk mendorong kesejahteraan masyarakat,” sebut M.Dt.Maruhun dan Hilton.-(***)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top