Kaba Pemko Bukittinggi

Pemko Siapkan Regulasi Pelajar SD Belajar Bahasa Arab

Bukittinggi, KABA12.com — Pemerintah kota merencanakan seluruh pelajar Sekolah Dasar di Bukittinggi dapat mempelajari dan mengerti bahasa Arab. Hal ini ditujukan agar generasi muda tidak hanya mempelajari bahasa Inggri, namun juga bahasa Arab yang sering diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias mengungkapkan, saat ini memang sudah banyak lahir pondok tahfiz dan pondok Al Quran. Kedua tentu berdampak positif pada perkembangan imtaq pelajar dan sinergi dengan visi misi pemerintah kota. Namun Ramlan menilai, konsep itu tentu dapat lebih ditingkatkan dengan adanya pelajaran bahasa Arab di SD.

“Jadi, anak SD diharapkan bisa dan mengerti bahasa Arab. Sehingga apa yang dipelajari, khususnya dalam belajar Al Quran juga langsung dapat dipahami oleh mereka. Bukan hanya bisa me!baca dan menghafal Al Quran saja, namun juga mengerti maksudnya. Salah satunya tentu dengan belajar Bahasa Arab ini,” jelas Wako.

Lebih lanjut, Ramlan Nurmatias mengungkapkan, untuk mewujudkan keinginannya itu, telah diperintahkan kepada Dinas Pendidikan dan  Kebudayaan untuk berkoordinasi dengan Kementrian Agama Bukittinggi. Kedua diharapkan dapat berkolaborasi melahirkan konsep ataupun program untuk pelajaran bahass Arab untuk pelajar SD ini.

“Kalau perlu akan kita adakan perdanya,” ucapnya optimis.

Pembelajaran bahasa Arab untuk pelajar SD ini, dalam rangka untuk menyiapkan generasi Bukittinggi yang mengerti bahasa Arab. Karena dengan bajasa Arab banyak komunikasi dalam kehidupan yang bisa diimplementasikan dan dimengerti,seperti, shalat, mengaji dan alat komunikasi dalam ibadah lainnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top