Kaba Terkini

Bupati Agam Jadi Pemateri Utama Lemhanas

Jakarta, kaba12.com — Bupati Agam H.Indra Catri didaulat sebagai pemateri utama dalam diskusi panel yang digelar di ruang NKRI gedung Pancagatra Lantai III-Barat, kompleks Lemhanas, Jakarta, Senin,(16/4).

Bupati Agam itu, tampil menyajikan makalah bersama para pejabat penting negara, dan hanya satu-satunya bupati –walikota di Indonesia, yang diundang bahkan menyajikan materi dalam forum berskala Internasional tersebut.

Diskusi panel bertema sistim manajemen nasional ( sismennas) tersebut, bagi bupati Agam H.Indra Catri merupakan undangan kesekian kalinya untuk skala nasional tersebut, namun sebagai pemakalah di forum yang digelar Lemhanas RI itu dinilai spesifik dan luar biasa.

Sebagai pemateri itu, sesuai undangan yang diterima bupati Agam H.Indra Catri,  berdasarkan surat keputusan Gubernur Lemhanas RI No.20 Tahun 2018 tanggal 19 Februari 2018 tentang Perangkat Kendali Program Pendidikan Regular Angkatan (PPRA) LVII Tahun 2018 Lemhanas RI.

Acara yang dihadiri Menteri Pendayaguna Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, bersama 100 orang peserta yang terdiri dari anggota Lemhanas jajaran TNI-Polri, dari beberapa kementerian, LPNK, kejaksaan agung RI, badan legislatif, utusan partai politik, organisasi masyarakat dan 7 orang utusan dari negara sahabat masing-masing dari Malaysia, Timor Leste, Sri Lanka, Zimbabwe, Nigeria dan Singapura.

Diskusi panel yang dipandu moderator Marsma. TNI. Yoyol Yekti Setyono, menghadirkan tiga orang panelis, masing-masing Men-PAN-RB, Bupati Agam Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah dan Laksama. TNI. (Purn). Sumindiharso.

Bupati Agam H.Indra Catri yang menyampaikan makalah di sesi kedua setelah  Men-PAN-RB menyajikan materi bertema Meningkatkan Wawasan Aparat Birokrasi Pemerintahan Sebagai Abdi Negara Dalam Menghadapi Tantangan Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara.

Sebagai satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang sebagai pemateri, bupati Agam Indra Catri menyarikan berbagai hal tentang program kegiatan Pemkab Agam serta upaya yang sudah dilakukan untuk mendorong upaya pengembangan wawasaan aparatur.

Indra Catri, mamaparkan upaya peningkatan kemampuan daerah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dalam menghadapi persaingan global, yang sasaran akhirnya upaya peningkatan nilai investasi dan nilai partisipasi masyarakat dalam pembangunan dengan kekuatan sinergisitas antara pemerintah, swasta dan masyarakat terlaksana dengan baik.

Ditambahkan, hal itu digambarkan dengan kolaborasi pemerintah, swasta, dan masyarakat yang terbangun baik,sehingga mampu mendorong kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan kemampuan daerah.

Disisi lain, aspek yang dirasakan ,adalah peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan pesta demokrasi dilakukan melalui banyak cara, antara lain sosialisasi, himbauan, penyuluhan, serta penggunaan aplikasi e-votting.

Hal itu menurut Indra Catri, sudah dilakukan di kabupaten Agam, salah satunya dengan ragam terobosan yang dilakukan untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam berbagai kegiatan pembangunan, yang dialami dengan konsep dasar ekonomi melalui Agam menyemai, penggunaan beragam aplikasi tekhnologi, termasuk sistim pemilihan e-votting yang sudah dilaksanakan, “ kolaborasi strategis antar berbagai lembaga, mendorong tingginya partisipasi demokrasi masyarakat saat ini,”sebutnya.

Diskusi panel yang digelar sehari penuh di Jakarta tersebut, menjadi salah satu agenda penting bagi Pemkab Agam dalam mendorong kemajuan daerah. Apalagi bupati Agam, merupakan satu-satunya kepala daerah di Indonesia yang diundang bahkan menyajikan makalah dalam forum berskala dunia tersebut.

(Harmen /*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top